Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Burung Tengkek dan Cara Perawatannya

Diantara kalangan pecinta burung, Burung Tengkek sudah tidak asing lagi didengar. Burung yang memiliki nama lain burung tengkek raja udang ini memiliki buru berwarna biru kehijauan yang indah. Kecantikan bulunya tersebut semakin membuat burung ini tampak mempesona. Tidak hanya itu, suara burung ini pun terdengar sangat merdu.

Berdasarkan kelebihan tersebut, banyak penggemar burung yang ingin memelihara burung ini. Sayangnya, banyak yang tidak tahu cara merawat burung tersebut. Sehingga burung ini lebih mudah mati. Namun, di tangan orang yang pandai merawat burung ini, burung tersebut bisa hidup lebih lama bahkan bisa mencapai satu tahun lebih.

Karakteristik

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai burung tengkek ini, sebaiknya memahami dulu karakteristiknya, serta kebiasaannya. Burung yang satu ini adalah sejenis pemakan udang dan ikan. Itulah sebabnya, dinamakan raja udang. Burung ini pun senang hinggap di ranting pohon yang berada di atas permukaan air kurang lebih 1 - 2 meter, agar lebih mudah untuk menangkap mangsa.

Burung yang cantik ini merupakan jenis burung yang senang hidup menyendiri atau memiliki sifat territorial. Namun, karena sifat territorial tersebut membuat burung ini bisa lebih agresif apabila melihat burung lain atau keluarga dan pasangannya. Itulah sebabnya, burung ini lebih mudah mati jika disimpan di dalam sangkar.

Cara Perawatan

Apabila ingin merawat burung tengkek, sebaiknya memilih anak burung tersebut yang masih disuapi. Merawat burung ini cukup sulit karena asupan nutrisinya harus dijaga. Bahkan burung ini harus makan sebanyak 30 % dari berat badannya. Keuntungan merawat burung ini dari kecil yaitu peluang untuk bertahan hidup lebih lama.

Untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap untuk burung raja udang tersebut bisa dengan cara membuatnya sendiri. Bahan yang diperlukan yaitu poer, broiler, telur puyuh untuk diambil kuningnya saja, minyak ikan, kroto segar. Blender semua bahan tersebut. Jika telah menyatu dan menyerupai butiran yang lembut berarti bahan telah siap untuk diberikan kepada burung.

Burung tengkek terkenal dengan bulu indahnya. Perpaduan warna tersebut membuat burung ini banyak diincar oleh pemburu burung. Beruntungnya, burung ini memiliki cara yang unik untuk merawat bulu indahnya, yaitu dengan mengolesi minyak yang keluar dari tubuhnya. Dengan mengenali karakteristik burung tersebut, bisa merawat burung ini dengan baik. 

Post a Comment for "Tentang Burung Tengkek dan Cara Perawatannya"