Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melatih Burung Beo Bisa Ngomong

Pecinta burung pasti tidak asing lagi dengan burung beo, salah satu burung yang dikenal bisa menirukan suara manusia. Kicauan burung beo ini bukan hanya unik, tetapi juga sangat menghibur. Untuk bisa membuat burung beo berbicara layaknya manusia, diperlukan setidaknya 10 cara melatih burung beo bisa ngomong.

Kicauan khas burung beo tidak lagi hanya untuk konsumsi pribadi saja. Tetapi sudah masuk dalam kategori burung berkicau. Semakin indah dan merdu kicauannya, maka besar peluang untuk memenangkan kompetensi burung berkicau yang hadiahnya tak main-main. Bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Berikut ini cara melatih burung beo dengan penuh kesabaran.

1.      Latih Sejak Usia Dini

Burung beo yang masih muda lebih mudah dilatih daripada yang telah berusia tua. Melatih burung beo sejak dini bisa dilakukan dari usianya menginjak 2 bulan.Jika dilatih sedari dini, banyak kata-kata yang bisa disimpan dalam memori burung beo.

Latihan rutin bisa membuat burung beo mampu lancar menirukan kata-kata di usia 4 bulan.Saking lancarnya akan terkesan cerewet dan berisik.

2.      Terapkan Jadwal Latihan

Keberhasilan dalam melatih burung beo juga dipengaruhi oleh jam latihannya. Menurut berbagai sumber, waktu latihan terbaik yaitu pagi hari sebelum pukul 11.00 dan sore hari antara pukul 15.00 hingga 17.00. Rutinkan melatih burung beo dengan durasi 30 hingga 60 menit.

3.      Mulai dari Materi Paling Mudah

Mulailah dari kata-kata yang paling mudah diucapkan dan diingat. Seperti halo, hai selamat pagi, selamat siang dan lain sebagainya.

Secara umum, burung beo akan menurut dan menirukan apa yang sering diucapkan oleh pemiliknya.

4.      Menggunakan Kata yang Sopan

Gunakanlah kata-kata yang sopan saat mengajari burung beo ngomong. Hindari penggunaan kata-kata yang kotor, karena itu justru akan menurunkan kualitas sekaligus harganya.

5.      Menempatkannya di Dekat Manusia

Kamu bisa menempatkan burung beo dalam kandang di halaman atau depan rumah, yang bersinggungan langsung dengan aktivitas manusia. Semakin akrab ia dengan lingkungan, maka semakin mudah bagi burung beo untuk menghafal kata yang sering didengarnya.

6.      Merawatnya dengan Penuh Perhatian

Burung beo akan lebih menurut pada pemiliknya, jika ia mendapatkan perawatan yang tepat. Pastikan kamu merawatnya dengan penuh perhatian, mulai dari memberinya pakan terbaik, memandikannya, membersihkan kandangnya dan lain-lain.

7.      Memberikan Pakan Terbaik

Perhatikan kualitas pakan yang diberikan, karena gizi dan nutrisi dalam pakan juga turut menentukan kecerdasan burung beo agar bisa bicara.

8.      Memancing dengan Burung Beo Lain

Kamu juga bisa menggunakan burung beo lain yang sudah lancar bicara sebagai pancingan atau motivator bagi burung beo kamu agar mampu menirukannya.

9.      Melatih Secara Mandiri

Meskipun saat ini sudah banyak bermunculan pelatih burung, akan lebih baik jika kamu sendiri sebagai pemiliknya yang melatihnya. Layaknya seorang ibu yang melatih anaknya untuk bisa berbicara.

10.  Memberikan Reward

Setelah burung beo milikmu pandai bicara, berikan ia reward yang pantas sebagai bentuk penghargaan. Seperti pakan kualitas terbaik atau makanan kesukaannya.

Itulah 10 cara melatih burung beo bisa ngomong dengan lancar. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Melatih Burung Beo Bisa Ngomong"