Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Privacy Policy untuk Blogger 2020 dengan Mudah


Blog saat ini menjadi salah satu media yang cukup efektif di dunia digital marketing, baik untuk pribadi maupun bisnis yang dijalankan. Tentunya tidak sekadar membuat blog saja. Banyak aspek yang harus diperhatikan dalam membangunnya sehingga mempunyai banyak pengunjung dan menghasilkan. Untuk Anda, ada cara membuat privacy policy untuk blogger 2020.

Pengertian Privacy Policy dan Fungsinya

Privacy policy adalah sebuah halaman dalam blog atau website yang berisi pernyataan seberapa jauh Anda menggunakan informasi yang masuk dari pengunjung.

Informasi ini dapat berupa data dan nama pengunjung yang berkomentar di blog pribadi atau data lain yang digunakan pada web toko online. Di sini kenyamanan pengunjung dipertaruhkan. Tentunya mereka ingin jaminan keamanan akan data pribadinya.

Fungsi dari laman privacy policy ini akan terlihat melalui Google. Mesin pencari biasanya akan lebih menyukai blog atau website yang memasang laman ini. Sebagai blogger, Anda juga akan lebih mudah mendaftarkan diri di Google Adsense. Blog lebih cepat menghasilkan income.

Cara Membuat Privacy Policy untuk Blogger 2020

Bagi Anda para blogger, pertanyaan yang muncul ketika membaca tulisan ini adalah tertarik tetapi tidak tahu caranya. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kode-kode dalam blog dianggap sulit diterapkan mandiri.

Jangan khawatir, tidak sulit untuk membuat halaman privacy policy! Apalagi jika blog Anda dasarnya adalah blogspot karena memang ini dari Google. Namun, untuk blog dengan dasar wordpress atau lainnya juga mudah. Ikuti saja langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke dalam situs generator privacy policy. Anda dapat memilih situs gratis atau premium.

Beberapa situs gratis yang dapat dibuka, antara lain privacypolicyonline.comhermsteed.com/privacy-policy-generatorprivacypolicies.com; dan shopify.co.id/tools/policy-generator.

Umumnya situs gratis di atas menyediakan fitur premium dengan menawarkan beberapa kelebihan dan keuntungan.

  1. Klik menu free generator setelah masuk situs. Biasanya menu ada pada bagian paling atas atau Anda dapat mengkik garis tiga yang ada di sudut kanan atau kiri atas.
  2. Mengisi nama website dan URL sesuai blog atau toko online atau website yang Anda miliki. Bagian ini harus diperhatikan benar, terutama bagian URL karena jika salah memasukkan data akan sulit diaktifkan.
  3. Menjawab berbagai pertanyaan tentang penggunaan data, seperti informasi yang akan dikumpulkan dari pengunjung blog atau web; memastikan bahwa penyimpanan, dan kemungkinan membagikan informasi kepada pihak ketiga.

Pihak ketiga dapat menggunakan email yang masuk untuk promo dan newsletter.

  1. Mengisi email yang digunakan oleh blog sebagai penanggung jawab keluhan dan berbagai pertanyaan yang masuk dari pengunjung. Email mungkin sama dengan alamat blog, bisa juga berbeda.
  2. Memilih konten privacy policy yang sesuai, berarti Anda mendesain dan mengisi laman dengan kata-kata yang tepat.

Setelah itu, masukkan laman dalam link eksternal blog. Anda dapat juga menggunakannya dengan membuka halaman baru pada blog dan memasukkan konten html. Cara kedua sangat disarankan untuk hasil yang lebih baik.

  1. Tahapan Selesai

Saat Anda ingin mengubah desain, tampilan, dan lain-lain Anda tinggal masuk kembali ke halaman yang sudah dibuat. Coba-coba saja beberapa fitur yang ada. Yang terpenting ama privacy police sudah dibuat dan Google sudah dapat mendeteksinya.

Mudah bukan cara membuat privacy policy untuk blogger 2020? Siapa saja dapat mengikuti langkah di atas.

Post a Comment for "Cara Membuat Privacy Policy untuk Blogger 2020 dengan Mudah"