Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Memulai Usaha Sendiri di Rumah dengan Modal Kecil dan Sukses

Sekarang ini menjadi karyawan sudah bukan lagi menjadi cita-cita banyak orang. Melihat kesuksesan pebisnis, menarik untuk mengetahui cara memulai usaha sendiri di rumah dengan modal kecil.

Usaha di rumah tidak hanya cocok untuk Anda yang ingin menjadi pebisnis sendiri tetapi juga bagi orang yang saat pandemic kehilangan sebagian penghasilan.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa Pandemi Covid-19 memukul perekonomian dari berbagai sisi. Banyak orang lebih banyak di rumah.

Namun, untuk Anda sebaiknya harus terus berpikir kreatif dan inovatif. Banyak kesuksesan yang justru dialami ketika berada di rumah.

Bagaimana caranya? Intip cara memulai usaha sendiri di rumah dengan modal kecil di artikel ini.

Alasan Memulai Bisnis di Rumah

Bisnis dalam arti luas dan sederhana dapat diartikan sebagai sebuah usaha pribadi atau kelompok dengan modal tertentu dengan harapan memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

Sebelumnya, bisnis dari rumah atau bekerja dari rumah merupakan hal yang mustahil. Beberapa orang menyebutnya sebagai pengangguran karena tidak terlihat memakai baju bagus atau ke kantor.

Namun, beberapa tahun ini banyak yang membuktikan sebaliknya.

Banyak orang yang bekerja di rumah tetapi tetap professional. Hasilnya? Bahkan, ada yang lebih besar dari menjadi karyawan. Berbisnis berarti meraih penghasilan tidak terbatas.

Di media sosial banyak kisah sukses orang yang berbisnis dari rumah. Mereka membagikan cara meraih kesuksesan tersebut.

Sebelum mengetahui cara memulai usaha sendiri di rumah dengan modal kecil, di bawah ini ada beberapa alasan memilih bisnis di rumah.

1.      Menjadi Usaha Sampingan

Anda mungkin sudah bekerja dengan gaji cukup. Selebihnya ada pula yang bekerja tetapi mengalami penurunan pendapatan selama pandemic.

Ini saatnya Anda harus memulai yang baru.

Usaha di rumah dapat dilakukan sebagai bisnis sampingan. Tidak perlu keluar dari pekerjaan saat ini.

Usaha di rumah sekecil apapun dapat menambah penghasilan dan membuat beberapa cita-cita di bidang finansial lebih mudah tercapai.

2.      Menjadi Tuan Bagi Diri Sendiri

Beberapa orang tidak suka menjadi karyawan.

Bagaimana pun karyawan harus mengikuti perintah atasan dan aturan perusahaan. Minimal ada jam kerja tertentu.

Kenaikan gaji dapat diperoleh dengan syarat tertentu. Dalam kondisi puncak, pencapaian juga hanya di jabatan terbatas dan gaji terbatas.

Berbisnis dari rumah lebih fleksibel. Meski ini bukan berarti Anda bebas sesukanya. Paling tidak, Anda akan lebih mudah menentukan prioritas waktu di saat dibutuhkan.

3.      Pekerjaan Sesuai Passion

Terkadang pekerjaan yang dimiliki sekarang bukanlah yang diinginkan. Banyak orang yang berkuliah di ilmu eksakta tetapi harus bekerja di bidang ekonomi atau sebaliknya.

Dengan tidak meninggalkan pekerjaan lama, Anda dapat memulai bisnis lain sesuai passion di rumah. Ibu rumah tangga juga bisa memulainya dari rumah.

Anda yang suka dengan tanaman dapat memulai dengan bisnis di bidang tersebut. Di era ini tanaman sedang booming. Harganya menjadi sangat mahal.

Ibu yang suka memasak dapat memulai bisnis masakan dengan delivery.

4.      Modal Kecil

Bisnis di rumah bermodal kecil, dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Anda bisa memulainya tanpa pegawai, tanpa menyewa tempat, dan tanpa perlu membeli segala hal yang baru. Anda dapat memanfaatkan semua barang layak pakai yang dimiliki di rumah.

Hal ini akan diulas lagi dalam cara memulai usaha sendiri di rumah dengan modal kecil.

5.      Lebih Dekat dengan Keluarga

Bisnis di rumah adalah berarti juga dapat dengan keluarga. Ini akan sangat membantu ibu rumah tangga yang ingin produktif secara ekonomi.

10 Cara Memulai Usaha Sendiri di Rumah dengan Modal Kecil

Masih banyak lagi alasan Anda harus mulai berbisnis sendiri dari rumah. Pernyataan di atas hanya yang paling umum saja.

Jika Anda tertarik, di bawah ini 10 cara memulai usaha sendiri di rumah dengan modal kecil dan sukses.

1.      Meminta Dukungan Keluarga

Dukungan keluarga menjadi hal yang mutlak harus dimiliki sebelum memulai bisnis di rumah.

Bagaimana pun di awal, Anda akan menyita sebagian waktu di rumah. Bahkan juga beberapa tempat dan meminjam beberapa alat.

Akan lebih bagus lagi jika beberapa anggota keluarga dilibatkan dalam bisnis. Usaha bersama juga akan menambah kedekatan meski awalnya akan banyak tantangan.

2.      Menentukan Jenis Usaha yang Dipilih

Tentukan jenis usaha yang akan Anda pilih.

Ini bisa saja dilakukan berdasarkan pertimbangan pribadi atau keputusan bersama keluarga.

Pilih jenis usaha yang modalnya sesuai budget dan passion yang dimiliki.

3.      Usaha Sesuai dengan Passion dan Kemampuan

Poin nomor 3 ini terkait dengan sebelumnya.

Bekerja sesuai passion akan menyenangkan.

Mengapa? Karena memulai bisnis sering kali tidak mudah. Passion pasti sesuatu yang disukai dan dimiliki. Meski sulit, Anda akan lebih memilih bertahan.

Misanya, Anda suka memasak. Tentu Anda akan lebih berusaha membuat masakan terbaik dan terus mencoba yang terbaik hingga mendapat pelanggan.

Sesuai dengan kemampuan dimaksudkan adalah sesuai dengan dana yang dimiliki. Sekarang ini banyak jalan untuk berbisnis.

Jika bisnis kuliner tidak dapat menyewa tempat, Anda dapat memulainya dengan kuliner.

Jika bisnis fashion tidak ada modal besar, Anda dapat memulai dengan dropship.

4.      Melakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar tetap diperlukan meski bisnis kecil. Anda ingin usaha berkembang, bukan?

Riset pasar paling sederhana menentukan target pasar. Dalam marketing, tidak ada harga produk yang mahal selama Anda dapat menentukan konsumen yang tepat.

5.      Menentukan Keunikan Produk

Pebisnis mempunyai banyak pesaing. Produk yang sama menjadi masalah sebagian besar orang.

Agar hasil lebih baik, tentuka keunikan produk.

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, banyak orang berjualan kue kering. Anda dapat membuat perbedaan. Misanya, kue dibuat paket dan dibuat parcel untuk bingkisan. Anda dapat juga membuat kue kering dengan betuk berbeda.

6.      Menghitung Anggaran

Menghitung anggaran juga sangat penting saat memulai bisnis. Meski semua dikerjakan sendiri, harus ada perhitungan modal, biaya pegawai, dan keuntungan. Dengan demikian, akan lebih mudah jika bisnis berkembang.

7.      Menentukan Lokasi Usaha

Sebenarnya menentukan lokasi usaha tidak selalu diperlukan. Apalagi di era digital. Usaha dapat dilakukan dari rumah secara online.

Marketplace dan bekerja sama dengan aplikas tertentu dapat mempermudah penjualan produk. Begitu pula jika bisnis merupakan usaha fotografi, jasa penulisan, dan lain-lain.

8.      Menggunakan Alat dan Fasilitas yang Dimiliki

Ini menjadi bagian dari modal.

Tidak perlu membeli peralatan serba baru untuk bisnis baru. Pakai saja semua alat layak yang mash dpat digunakan di rumah.

Seiring dengan besarnya usaha, alat dan fasilitas dapat berkembang.

9.      Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif menjadi hal utama. Tantangan dan masalah ada di setiap fase kehidupan. Hanya orang yang selau berpikir positif yang dapat melaluinya dapat meraih sukses.

10.  Membuat Promosi

Meski ini diletakkan terakhir, promosi atau marketing menjadi bagian bisnis. Paling tidak, di awa Anda dapat mengumumkan usaha yang sedang dilakukan sekarang agar semua mengetahui. Saat orang membutuhkan mereka akan mengingat produk Anda.

Promosi dapat melalui berbagai cara, seperti brosur dan sosial media.

Tidak mudah memang dalam berbisnis. Setiap orang yang sukses melalui semua proses dari nol. Jadi, terapkan saja cara memulai usaha sendiri di rumah dengan modal kecil dan nikmati setiap langkahnya. Semoga sukses!

Post a Comment for "10 Cara Memulai Usaha Sendiri di Rumah dengan Modal Kecil dan Sukses"