Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Bermain Monopoli, Mudah, dan Dapat Dilakukan Siapa Saja

Permainan Monopoli seringkali dianggap menyulitkan. Harus membagi, menghitung uang, dan sebagainya. Namun, sesungguhnya cara bermain monopoli sederhana, lho!

Yang pasti, permainan ini berasal dari Amerika. Elizabeth Magie merupakan penemunya. Tujuan diciptakannya adalah untuk mengenalkan kepada pemain bagaimana cara pemilik tanah dapat memiskinkan penyewanya.

Cara Bermain Monopoli

Alat dalam bermain monopoli memang lebih banyak dari catur, ular tangga, halma, dan lainnya. Permainan lain paling banyak menggunakan dua alat, papan dan pion plus dadu.

Sementara di permainan monopoli ada uang-uangan, papan permainan, rumah, kartu hak milih, kartu dana, kartu kesempatan, dan dua buah dadu.

Pemain yang dibutuhkan,  minimal 3 orang maksimal sebanyak-banyaknya. Mereka terdiri dari dua orang pemain (pemilik dan penyewa) dan penjaga bank. Penjaga di bank penting karena dia yang akan membagikan uang modal, melayani transaksi jual beli properti, dan sewa menyewa.

Di bawah ini langkah-langkah cara bermain monopoli yang harus diperhatikan.

1.      Membagikan uang senilai 200 ribu. Pembagiannya sering diatur, seperti 1 lembar 100 ribu, 1 lembar 50 ribu, 1 lembar 20 ribu, 1 lembar 10 ribu, 3 lembar 5 ribu, 3 lembar seribu, 2 lembar 500, 3 lembar 200, 4 lembar `100.

Sisa yang yang dibagikan diserahkan kepada bank.

2.      Permainan dimulai (Start) dengan cara mengocok dadu. Pemain yang memperoleh nilai paling besar, main lebih dahulu begitu seterusnya.

3.      Setelah itu, seperti halnya main ular tangga dan ludo, biji atau pion setiap pemain digerakkan sesuai angka pada dadu.

4.      Saat dadu menunjukkan angka yang sama berarti dia masuk penjara. Hukumannya dia tidak dapat ikut bermain dalam 3 putaran.

Begitu pula jika pemain tidak sengaja berdasarkan jumlah dadu harus berhenti di penjara.

Pemain dapat juga membeli kartu bebas penjara dari pemain yang memilikinya berdasarkan tulisan yang tertera pada Kartu Kesempatan.

5.      Setiap pemain melewati start atau melewati satu putaran, bank akan memberi gaji 500 ribu.

6.      Saat biji terhenti di tulisan “dana” dan “kesempatan” berarti pemain boleh mengambil Kartu Dana atau Kartu Kesempatan yang sudah dikocok atau acak dan diletakkan di tengah papan permainan. Pemain dapat saja beruntung atau sebaliknya, sesuai tulisan yang tertera pada kartu.

7.      Pemain yang berhenti di properti dapat membelinya jika memang belum dimiliki pemain lain.

8.      Pemain dapat membeli tanah sesuai harga yang tertera pada kartu hak milik kepada bank jika berhenti dalam di tempat tersebut.

9.      Rumah (hijau) dan hotel (merah) dapat dibeli jika pemain sudah membeli tanah dalam satu komplek.

10.  Pemain yang berhenti di properti orang lain harus diingatkan membayar sewa oleh pemilik. Jika terlewat, maka tidak dapat ditagih.

11.  PDAM, PLN, dan Stasiun juga dapat dibeli tetapi di atasnya tidak dapat didirikan rumah dan hotel.

12.  Permainan berakhir jika salah seorang pemain tidak mempunyai uang lagi alias bangkrut. Namun, jika waktu terbata permainan juga dapat diakhiri. Pemenangnya adalah pemain yang memiliki uang dan nilai asset properti terbanya2.

Mudah sekali permainan yang satu ini. Anda hanya perlu membaca peraturan atau cara bermain monopoli di atas dan melakukannya berulang-ulang!

Post a Comment for "Cara Bermain Monopoli, Mudah, dan Dapat Dilakukan Siapa Saja"