Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blogger untuk Menghasilkan Uang

Di era digital banyak cara menghasilkan uang. Anda tidak perlu keluar rumah asal tahu prosesnya. Salah satunya adalah cara membuat blogger untuk menghasilkan uang.

Tentu saja semua cara ini bukan sesuatu yang instan. Menjadi blogger termasuk bagian dari produkk jasa yang hasilnya dapat dinikmati kalau Anda konsisten. Kemungkinan besar paing cepat hasilnya dapat Anda nikmati dalam waktu 3 bulan.

Meski demikian, satu kali saja menghasilkan Anda pasti ketagihan. Hanya sedikit sulit di awal, jika sudah klik uang akan mengalir terus. Banyak blogger single parents yang dapat menghidupi diri dan keluarga dari sini.

Jasa Kepenulisan Banyak Dicari

Beberapa tahun yang lalu, mungkin Anda menganggap menjadi penulis sangat tidak menghasilkan. Royalti dari buku akan besar hanya jika buku booming. Anda menjadi pengarang terkenal seperti tere Liye.

Kini tidak perlu seperti itu. Ada beberapa pekerjaan penulis yang dapat Anda pilih seperti di bawah ini.

1.      Freelance Writer

Sesuai dengan namanya, freelnace writer adalah seseorang yang membuatkan tulisan yang fee-nya dibayarkan berdasarkan pekerjaan.

Seorang penulis mungkin saja menerima permintaan menulis buku, artikel, review produk, dan lainnya. Ada yang tetap menuliskan namanya, ada yang tidak. Yang terakhir sering disebut sebagai ghostwriter.

Contoh seseorang yang menulis untuk website dan di sana tercantum nama pemilik website. Ada pula penulis yang membuatkan buku autobiografi tokoh.

2.      Mengirimkan Tulisan ke Media

Hal lainnya yang dapat dilakukan penulis untuk mendapatkan uang adalah mengirimkan tulisan ke media cetak dan online.

Umumnya media cetak akan memberikan bayaran lebih besar, sekitar dua ratus hingga tiga ratus ribu rupiah. Sementara media online memberikan bayaran lebih bervariasi antara 10 ribu hingga seratus ribu rupiah.

Jenis tulisan yang dikirim dapat disesuaikan dengan media yang dituju dan kemampuan. Ada media yang menerima tulisan cerpen, cernak, puisi, ulasan, hingga khusus berita. Cari tahu media-media tersebut dari internet.

3.      Menjadi Kontributor Media Online

Kontrobutor online sering disebut sebagai jurnalis atau wartawan kantor.

Fee untuk pekerjaan ini ada dua, tergantung di media mana Anda bekerja. Ada yang digaji per bulan secara professional. Ada pula yang berdasarkan traffic atau kunjungan pembaca ke tulisannya.

4.      Menjadi Blogger

Terakhir, penulis dapat menghasilkan uang dari profesi blogger.

Blogger adalah seseorang yang menulis di website sederhana yang disebut blog, Bagian inilah yang akan dibahas dalam artikel ini lebih detil.

Ini Cara Membuat Blogger untuk Menghasilkan Uang

Tulisan blogger sering dianggap sebagai curhatan belaka yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Tidak ada manfaatnya, kecuali melegakan hati yang letih.

Jika Anda termasuk yang demikian, salah besar! Berikut adalah cara membuat blogger untuk menghasilkan uang.

1.      Review Produk

Review adalah sebuah tulisan yang berisi segala sesuatu tentang produk barang dan jasa disertai dengan kelebihannya.

Ini biasanya ditawarkan kepada pemilik blog. Hasl tulisan akan dipublikasikan di blog pribadi. Dapat dikatakan, jasa ini adalah iklan.

Nantinya tulisan tentang produk yang dipesan klien, akan dipublikasikan di blog Anda.

2.      Adesense

Pernah membuka sebuah portal berita atau website dan isinya penuh dengan iklan? Kadang-kadang letaknya dianggap menggangu.

Jangan gusar, Anda tidak membayar untuk membaca berita atau mencari informasi. Pemilik portal dan website mendapat pemasukan dari iklan yang tampil.

Google membuat platform tersendiri untuk menjadi penghubung antara pemilik blog dan produsen. Namanya Google  Adesense.

Caranya mudah, buka saja website resminya dan mendaftar sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

Banyak blogger yang mendapat penghasilan dari Adsense, menjadi daya tarik tersendiri.

Jika pendaftaran pertama ditolak, cobalah mendaftar ulang.

3.      Content Placement

Content Placement sedikit berbeda meski sama berhubungan dengan produk. Di sini Anda hanya memberikan informasi tertentu tentang produk. Tidak ada komentar postif. Beberapa perusahaan  ingin membayar agar link dapat disebarluaskan dengan dimasukkan ke dalam blog.

4.      Affiliasi

Affiliasi merupakan kerja sama antara klien dan penulis.

Affliasi merupakan permintaan dari produsesn untuk promosi di blog Anda. Kadang dalam perjanjian affliasi isinya  mirip dengan review dan informasi, serta iklan.

Baik affiliasi, content placement, dan review produk seorang blogger dibayar antara 100 ribu sampai 500 ribu untuk sebuah tulisan pemula. Semua tergantung pengalaman dan kondisi blog. Terkadang, blogger dibayar dengan produk.

5.      Lomba Blog

Banyak perusahaan mengadakan lomba blog. Mereka melihat keuntungannya secara jangka panjang. Meski harus mengeluarkan dana lebih, bila ke depannya menang banyak yang dapat diraih.

Lomba blog sering diadakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Cara ini lebih sulit dari lainnya karena membutuhkan lebih banyak effort dengan hasil tidak menentu meski hadiahnya besar.

6.      Endorsment

Endorsment hamper sama dengan review produk. Umumnya penerima endorsement adalah pemilik blog terkenal dan dikunjungi banyak orang dalam sehari. 

Hal di Bawah Ini Melengkapi Cara Membuat Blogger untuk Menghasilkan Uang

Tentu saja bukan sembarang blog yang dapat menghasilkan dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas. Setiap orang atau perusahaan yang bekerja sama dengan Anda dan blog yang dimiliki mempunyai syarat tertentu. Misalnya nilai DA, jumlah pengunjung, dan kualitas tulisan. Itu sebabnya di atas disebutkan bahwa prosesnya tidak instan.

Meski demikian ada cara yang dapat dilakukan agar blog lebih cepat menghasilkan. Cara tersebut dirangkumkan sebagai berikut.

1.      Memperbaiki Tampilan Blog

Blog yang dikunjungi banyak orang adalah yang tampilannya ramah, tulisannya jelas dan tidak membuat sakit mata dan kuaitasnya bagus.

Tampilan blog yang dimaksud juga termasuk bagian template, bentuk tulisan, dan gambar yang digunakan.

2.      Membeli Domain Blog

Dengan membeli domain blog, web yang dimiliki lebih dipercaya. Ada nilai DA yang tertulis di dala blog sudah bermain. Domain Authority di atas 10, b5asanya yang dibutuhkan klien.

Domain dapat dibeli jenisnya dapat berupa .com, .my.id, co.id, dan lain-lain. Blog yang belum membeli  domain akan terlihat di alamat atau link tulisan, seperti nani.wordpress.com atau nani.blogspot.com.

Tampilan blog yang berdomain menjadi nani.my.id, nani.com. dan seterusnya.

3.      Konsisten dalam Mengisi Blog

Pengunjung dapat diraih jika Anda konsisten dalam mengisi blog. Semua dapat dimulai dengan sebulan sekai, seminggu sekali, hingga setiap hari.

4.      Share Tulisan ke Media Sosial

Agar pengunjung banyak dan traffic tulisan bagus, share ke media sosial yang dimiliki, hingga ke grup-grup. Tulisan yang banyak pengunjung akan membuat produsen tertarik mengajak bekerja sama.

5.      Banyak Belajar tentang SEO

Terakhir pelajarilah berbagai hal tentang blogger sukses. Misalnya Anda belajar SEO, membuat judul menarik, hingga membuat desain untuk pendukung tulisan. Investasi untuk  belajar tidak akan sia-sia.

Bagaimana? Anda suka menulis dan tertarik menjadi blogger yang berpenghasilan. Tidak ada salahnya mencoba cara membuat blogger untuk menghasilkan uang di atas. Jika bersungguh-sungguh dan tekun, dijamin keinginan akan segera tercapai.

Post a Comment for "Cara Membuat Blogger untuk Menghasilkan Uang"