Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Terbaik di Lampung Tengah

Lampung Tengah merupakan wilayah kabupaten yang ada di provinsi Lampung. Letaknya yang berada di tengah menjadikan daerah di kelilingi pantai. Tidak seperti di kabupaten lain, di mana Anda dapat menikmati keindahan pantai. Namun, ini bukan berarti tidak ada wisata terbaik di Lampung Tengah.

Jika mau datang berkunjung sendiri, Anda akan menemukan berjuta keindahan dan pesona yang tidak ada di tempat lain.

Wisata terbaik di Lampung Tengah, terdiri dari wisaya alam, buatan, religi, dan kuliner. Bagian terbaiknya, di sini juga sekaligus mengandung unsur budaya. Setiap daerah yang dikunjungi sekaligus mengajarkan kepada Anda dan rombongan kekhasan budaya Lampung yang berbaur antara penduduk asli dan pendatang.

Wisata Terbaik di Lampung Tengah: Wisata Alam

Wisata alam adalah sebuah destinasi yang terbentuk dengan sendirinya. Ini menjadi anugerah Tuhan yang Maha Esa kepada masyarakat di sana, tanpa diminta.

Sama dengan hampir seluruh daerah di Indonesia, Lampung Tengah juga mempunyai alam indah yang menjadikannya sebagai wisata terbaik di Lampung Tengah.

Wisata alam tersebut, antara lain dituliskan di bawah ini.

  1. Air Terjun Curup Tujuh

Seperti halnya daerah daratan tinggi lain, curug menjadi wisata alam utama.

Dari beberapa tempat sejenis, Air Terjun Curug Tujuh paling diminati pengunjung.

Letaknya di hutan lindung yang terletak di Desa Marga Jaya, Kecamatan Padang Ratu, Lampung Tengah. Jalan menuju ke sana cukup terjal dan licin meski sudah adajalur khusus.

Air terjun ini dinamai Curug Tujuh karena mempunyai tujuh undakan dengan tinggi keseluruhan sampai 75 meter. Pemandangan unik di curug ini salah satunya adalah air yang seakan-akan membelah batuan yang berada di belakangnya.

  1. Danau Bekri

Danau ini sejatinya terdiri dari dua buah yang begitu saja menjadi satu hingga terlihat besar.

Letak Danau di Kecamatan Seputih Mataran, Kabupaten Lampung Tengah. Namun, untuk menuju destinasi ini, Anda dapat melalui dua jalur.

Pertama, melalui Kampung Wates, Kecamatan Buni, Lampung Tengah. Kedua melalui Kecamatan Gotong Royong, Lampung Tengah. Setiap jalan akan mengantarkan Anda di sisi danau yang berbeda.

Keunikan dari danau ini adalah adanya gundukan tanah yang cukup luas di bagian tengah sehingga tampak seperti pulau. Mirip dengan Pulau Samosir yang ada di Danau Toba, ya? Namun, ukurannya lebih kecil.

Dari tepi danau ada jembatan yang menghubungkan Anda dengan gundukan.

  1. Bukit Batubara

Bukit yang disebut Batubara ini mungkin sebelumnya pernah dijadikan area tambang batubara, ya? Belum ada penjelasan tentang hal ini.

Hanya saja, destinasi wisata yang berada di Linggajaya, Desa Linggapura, Selagai LIngga ini seperti padang savanna. Tidak seperti bukit lain yang banyak pohon besar. Di sini sejauh mata memandang terhampar rumput yang indah.

  1. Air Terjun Curup Lestari

Satu lagi air terjun menarik di wisata terbaik di Lampung Tengah yang patut Anda kunjungi. Namanya Air Terjun Curup Lestari.

Untuk sampai ke air terjun yang berada di Desa Kota Batu, Kecamatan Pubiang, Lampung Tengah ini Anda harus melalui jalan berliku yang licin dan berbahaya, hingga meningkatkan adrenalin. Jalan setapak buatan juga belum ada.

Tempatnya memang masih cukup terpencil. Belum banyak yang datang berkunjung.  Jadi, ini cocok bagi Anda yang ingin menyendiri menikmati alam.

Sepinya keadaan di sekeliling air terjun menyebabkan suara gemuruhnya sangat nyaring terdengar. Sensasi yang sangat menenangkan bagi Anda yang suka dengan alam.

  1. Telogo Rejo Sendang Baru

Telogo dalam bahasa Indonesia berarti telaga. Sebuah daerah yang sebenarnya berupa danau, tapi diperuntukkan untuk irigasi persawahan.

Tempat ini bukan destinasi wisata khusus sehingga untuk masuk ke dalamnya tidak diperlukan membayar tiket.

Apa kelebihannya?

Telogo Rejo Sendang Baru yang terletak di Desa Sendang Baru, Kecamatan Sendang Agung berada di kaki Bukit Barisan. Pemandangannya indah dan sering dijadikan sebagai tempat memancing.

  1. Bukit Batu Tumpang

Bukit Batu Tumpang berada di Desa Payung Reja, Kecamatan Pubian.

Keunikan bukit ini adalah adanya dua batu kecil yang di atasnya terdapat batu lebih besar. Itu sebabnya disebut Batu Tumpang.

Wisata Terbaik di Lampung Tengah: Wisata Religi

Indonesia merupakan negara berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa. Oleh karena itu, di banyak daerah banyak berdiri bangunan yang menjadi ciri khas agama yang dianut masyarakat sekitarnya sekarang atau masa lalu.

Di antara wisata terbaik di Lampung Tengah yang termasuk religi, tiga tempat di bawah ini.

  1. Danau Tirta Gangga

Danau Tirta Gangga terletak di Desa Suartika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah.

Danau ini sebenarnya sama dengan yang lain. Masyarakat di sekitarnya kebanyakan transmigran asal Bali yang mengikuti program pemerintah.

Untuk menjalankan agamanya, mereka mendirikan pura dan patung Bima di tengahnya. Harus mendapat ijin khusus jika Anda ingin berkunjung ke sana. Namun, tempat ini sangat eksotik.

  1. Gua Maria Fajar Mataram

Hampir sama dengan Danau Tirta Gangga, gua juga sebenarnya merupakan gua seperti umumnya.

Di sini di bangun tempat ibadah Katholik, sehingga mempunyai kesan religi.

  1. Masjid Istiqlal Bandar Jaya

Sesuai dengan namanya, Masjid Itiqlal Bandar Jaya dibangun dengan inspirasi kemewahan masjid di Jakarta.

Letaknya berada di jalur lintas Sumatera dan merupakan yang terbesar di Lampung Tengah. Tidak heran, jika masjid ini ramai dikunjungi wisatawan.

Wisata Terbaik di Lampung Tengah: Wisata Buatan

Wisata buatan merupakan destinasi yang sengaja dibuat oleh pemerintah atau pihak swasta untuk menarik pengunjung.

Wisata terbaik di Lampung Tengah yang merupakan sengaja dibuat, antara lain sebagai berikut.

  1. Kolam Renang Telaga Putri

Anda suka berenang dan lebih suka di kolam buatan?

Jangan khawatir, di Lampung Tengah ada kolam renang yang cukup bagus dengan fasilitas mumpuni. Namanya Kolam Renang Telaga Putrid an terletak di Jalan Seputih Banyaki.

Hanya saja, tempat ini ramai pengunjung. Anda harus memilih waktu yang tepat agar leluasa.

2.      Danau Biru Tambang

Danau ini berwarna biru dan terdiri dari beberapa bagian.

Tempat ini tidak sengaja dibuat dan belum dikelola sehingga untuk melihatnya mash gratis.

Danau Biru Tambang terletak di Desa Payung Mulya, Kecamatan Pubian dan dulunya merupakan daerah penambangan.

3.      Tugu Kopiah Mas

Ada banyak tugu bagus tempat berfoto unik di wisata terbaik di Lampung Tengah. Salah satunya adalah Tugu Kopiah Mas.

Tugu ini bentuknya seperti peci laki-laki tradisional. Namun, warnanya kuning emas yang melambangkan kesejahteraan.

Selain 3 kelompok wisata terbaik di Lampung Tengah di atas masih ada wisata kuliner. Dengan kondisi masyarakat yang beragam, Anda dapat menemukan berbagai pilihan makanan di sini. Mulai soto betawi, bakso, hingga makanan ala Eropa tersedia lengkap. Lampung Tengah memang cocok menjadi destinas wisata yang dibanggakan.

Itulah wisata terbaik di Lampung Tengah yang bisa menjadi catatan Anda di liburan yang akan datang.  Ajak serta teman dan keluarga untuk berkunjung ke tempat yang berbeda. Selamat berlibur!

Post a Comment for "Wisata Terbaik di Lampung Tengah"