Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anda Suka Semangka? 10 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Anda Suka Semangka? Simak 10 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan buah semangka? Buah satu ini memang sangat segar dikonsumsi. Mau dimakan langsung, dibuat jus, dibuat isian salad buah, atau mau dibuat varian apapun, semangka tetap juara rasanya. Hebatnya lagi, semangka ini kaya manfaat lho! Yuk simak 10 manfaat buah semangka untuk kesehatan.

Kandungan air pada buah semangka amat tinggi. Tak heran bila buah ini sering dijadikan pencuci mulut setelah makan berat. Dibuat cemilan pun enak terlebih untuk yang tengah berdiet, karena semangka diklaim minim kalori.

Selain itu, semangka bermanfaat pula untuk kesehatan. Anda bisa tetap sehat dengan mengonsumsi semangka. Lantas apa saja manfaat semangka untuk kesehatan? Yuk kita bahas bersama-sama!

Inilah 10 Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Enak tetapi tidak baik untuk kesehatan? Tentu Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi makanan itu setiap hari. Sebaliknya, bila ada buah yang rasanya enak sekaligus amat baik untuk kesehatan, tentu Anda tidak berpikir ulang untuk menjadikannya buah wajib setiap hari kan?

Nah, semangka ini selain enak ternyata juga bermanfaat. Maka tidak ada ruginya menyediakan semangka setiap hari di rumah. Rasanya dapat, manfaatnya untuk kesehatan pun dapat. Lalu apa 10 manfaat buah semangka untuk kesehatan? Simak di bawah ini:

1.      Menyuburkan Kandungan

Memiliki kandungan subur tentu merupakan impian tiap wanita. Nah, kabar baiknya Anda bisa menyuburkan kandungan dengan mengonsumsi semangka. Sebelum menikah, Anda harus rutin konsumsi semangka.

Tak hanya itu, buah semangka pun baik untuk menjaga kesehatan rahim. Untuk memelihara kesehatan ibu hamil dan janin pun juga sangat baik. Maka ibu hamil yang tidak mengalami gangguan darah rendah boleh konsumsi semangka setiap hari.

2.      Terhindar dari Dehidrasi

Cuaca panas membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Selain minum air putih, Anda bisa tambahkan semangka sebagai cemilan sehat. Rasanya yang enak membuat Anda tentu lebih semangat saat menyantapnya.

Apalagi ditambah dengan kandungan air yang melimpah. Anda bisa segera rasakan tubuh Anda makin segar setelah makan semangka.

3.      Mengurang Resiko Penyakit Jantung

Semangka memiliki kandungan likopen yang ternyata ampuh mencegah kerusakan sel tubuh. Saat lanjut usia, jantung lebih rentan mengalami gangguan. Dengan mengonsumsi semangka, sel tubuh akan lebih terpelihara.

Sehingga potensi kerusakan sel jantung akan terhambat. Dengan begitu, resiko gangguan jantung akan berkurang.

4.      Mampu Mencegah Kanker

Kandungan likopen dalam semangka ternyata sekaligus mampu menjadi antioksidan. Sehingga semangka dinilai mampu melawan radikal bebas penyebab kanker di dalam tubuh manusia.

5.      Membuat Rambut dan Kulit Sehat

Salah satu dari 10 manfaat buah semangka untuk kesehatan yakni mampu membuat kulit dan rambut tetap sehat. Kandungan air dalam semangka membuat kulit senantiasa lembab. Nah, kulit lembab adalah awal dari kulit sehat.

6.      Melindungi Mata dari Peradangan

Likopen pun mampu menjaga kesehatan mata. Gangguan mata seperti peradangan bisa diatasi dengan rutin konsumsi semangka. Jangan tunggu sampai bermasalah dulu! Cukup konsumsi setiap hari lalu lihat manfaatnya pada mata Anda.

7.      Mencegah dan Meredakan Nyeri Otot

Nyeri otot kerap dialami oleh atlet cabang olahraga manapun. Untuk menghindari dan meredakan nyeri otot, atlet biasa mengonsumsi semangka sebelum bertanding. Dengan begitu, resiko nyeri otot bisa diatasi.

8.      Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Sperma Pria

Kualitas sperma penting dalam hubungan rumah tangga. Tentu pria ingin memiliki sperma dengan kuantitas dan kualitas terbaik. Hal itu bisa didapatkan dengan rutin konsumsi semangka.

9.      Mengatasi Asma

Semangka memiliki kandungan vitamin C. Nah, vitamin C ini bagus untuk menjaga kesehatan manusia, termasuk bagi penderita asma. Bila imun tubuh penderita asma baik, tentu asma tidak akan kambuh.

10.  Menjaga Kesehatan Prostat

Salah satu dari 10 manfaat buah semangka untuk kesehatan yakni berkhasiat untuk memelihara kesehatan prostat. Kandungan antioksidan dalam semangka membuat organ vital pria ini makin sehat.

Nah, setelah tahu 10 manfaat buah semangka untuk kesehatan, maka pastikan untuk mengonsumsinya secara rutin ya! 

Post a Comment for "Anda Suka Semangka? 10 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan"