Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Menanam Pohon Durian Pendek

Ingin Tanam Durian tapi Tak Ada Lahan? Begini Cara Menanam Pohon Durian Pendek!

Anda pasti sudah paham betapa populernya buah durian ini. Musim panen durian seakan selalu ditunggu-tunggu tiap tahunnya. Meski harganya tergolong mahal dibanding buah lain, tetapi tak surutkan para penggemar untuk mencicipi kelezatan rasanya. Nah, bila Anda masih awam tetapi ingin menanam durian, Anda bisa simak cara menanam pohon durian pendek saja.

Bagi pemula, tentu butuh waktu untuk mempelajari budidaya durian seperti biasa. Karena masa panen durian cukup lama. Mungkin Anda tidak sabar untuk segera menikmati buahnya. Daripada kelamaan menunggu, lebih baik Anda tanam durian pendek saja. Durian pendek masa perawatannya lebih pendek, pun pohonnya lebih cepat berbuah.

Yang terpenting adalah Anda tidak perlu uji nyali ketika hendak panen durian. Karena Anda bisa leluasa memetiknya karena durian pendek amat mudah untuk dipanen.

Bagaimana Cara Menanam Pohon Durian Pendek?

Anda pasti penasaran dan tidak sabar lagi untuk tahu caranya. Nah, Anda harus membekali diri dengan pengetahuan terlebih dahulu. Meski diklaim lebih mudah, tetapi tanpa cukup pengetahuan maka peluang gagal tetaplah tinggi.

Lantas bagaimana cara menanam pohon durian pendek? Simak di bawah ini:

1.      Memilih Lokasi yang Tepat

Lokasi adalah kunci. Anda harus memilih lahan tepat sesuai dengan syarat tumbuh pohon durian. Tidak sembarang tempat bisa Anda tanami, maka Anda harus siapkan lahan sesuai kriteria pohon durian. Kriteria lahan pohon durian antara lain:

-          Berada pada ketinggian mulai 500 hingga 100 meter diatas permukaan laut (mdpl)

-          Tekstur tanah berlempung dan berpasir yang memiliki kandungan unsur hara yang cukup untuk pertumbuhan pohon durian pendek.

-          Lahan harus berada dalam kisaran suhu 21 hingga 30 derajat celcius.

-          Curah hujan berkisar antara 1500 sampai 2500 mm per tahun. Artinya durian perlu lokasi yang memiliki curah hujan cukup tinggi.

-          pH tanah harus berkisar 6-7

2.      Penanaman Pohon Durian Pende

Selanjutnya ialah cara menanam pohon durian pendek. Beberapa langkah yang harus dilakukan meliputi:

-          Menginapkan bibit di lahan sebelum ditanam di tanah

-          Menggemburkan tanah dengan cara mencangkul dan diberi pupuk kandang setelahnya, lalu biarkan tanah istirahat selama 1 minggu.

-          Mulai buat lubang tanam dengan jarak 8 x 8 m. Jarak tanaman harus jauh untuk mengantisipasi penularan penyakit dan hama, serta kompetisi tanaman dalam memperoleh unsur hara.

-          Tanam bibit ke dalam tanah

3.      Perawatan

Anda perlu menyiram pohon durian pendek setiap pagi dan sore hari. Pastikan untuk melakukan pemupukan lanjutan, bisa menggunakan pupuk organik dan pupuk kimia sesuai kondisi musim.

Pupuk organik bisa digunakan saat musim kemarau, sedangkan pupuk kimia bisa diberikan di sepanjang tahun. Tak lupa, Anda harus memperhatikan bilaman ada gulma dan penyakit. Lalu lakukan pula pemangkasan agar pohon tidak tumbuh tinggi.

Itulah cara menanam pohon durian pendek. Bila Anda terapkan langkah-langkah tersebut, seharusnya pohon durian Anda akan tumbuh subur dan cepat berbuah. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Begini Cara Menanam Pohon Durian Pendek"