Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Keripik Pisang Manis Mudah dan Sederhana

Apa yang Anda lakukan sambil nonton televisi atau sambil bekerja? Beberapa orang suka ngemil. Snak dan makanan gurih dan manis menjadi pilihan. Jika Anda termasuk di dalamnya, cara membuat keripik pisang manis  mudah dan sederhana wajib tahu. Apalagi jika di rumah ada tanaman pisang.

Pisang termasuk makanan ringan yang sehat. Berdasarkan beberapa referensi, makan keripik pisang juga mempunyai banyak manfaat yang mirip dengan buah utuhnya.

Pertama, keripik pisang diyakini dapat mengatasi asma ringan. Ini memungkinkan karena di dalam pisang aslinya memang mengandung kalium yang melegakan pernapasan. Kedua, pisang mempunyai sedikit kandungan lemak, meski digoreng dengan minyak. Akibatnya, keripik dapat menjaga kesehatan otak dan mencegah meningkatnya kolesterol. Anda tahukan, ngemil keripik pisang sambil bekerja membuat inspirasi lebih mudah datang?

Ketiga, pisang membuat Anda kenyang lebih lama. Serat yang ada didalamnya mencegah kanker dan sembelit. Terakhir, olahan pisang juga dapat  mencegah anemia. Sangat pas dikonsumsi ibu hamil.

Cara Membuat Keripik Pisang Manis

Di rumah ada banyak pisang dan bingung akan diolah menjadi apa? Cara membuat keripik pisang manis di bawah ini dapat dicoba.

Sebelumnya siapkan alat dan bahan terlebih dahulu, yaitu:

·         Dua sisir pisang kapok

·         Garam secukupnya

·         Pewarna makanan kuning atau kunyit

·         250 gram gula halus

·         2 sdm makan air rendaman kapur sirih dicampurkan dalam 2 liter air

·         Minyak goring

·         Pisau tajam atau parutan pisang

Semua alat dan bahan di atas dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Kemudian untuk membuatnya, Anda dapat mengikuti langkah berikut.

1.      Siapkan pisang dan kupas kulitnya dengan bersih

2.      Potong-potong pisang dengan ketebalan yang pas. Jangan terlalu tipis karena akan menyerap banyak minyak goreng. Namun, jangan ketebalan juga karena akan mengurangi gurih dan kriuk yang dihasilkan.

Jika Anda mempunyai parutan untuk pisang akan lebih mudah lagi menyesuaikannya.

3.      Pisang yang sudah dipotong direndam di air rendaman kapur sirih dan garam sekitar 15 menit. Dengan demikian, pisang lebih awet dan teksturnya sedikit lebih keras.

4.      Siapkan minyak goreng dalam jumlah cukup hingga dapat merendam pisang.

5.      Saat pisang sudah mulai kekuningan, langsung saja diangkat.

6.      Bagi Anda yang suka dengan rasa manis, taburkan gula pasir halus ke atas pisang yang masih di goreng dan hampir matang.

Gula pasir halus dapat diganti dengan rasa manis lain, seperti cokelat atau selai. Hanya saja caranya tidak dicampurkan ketika hendak matang. Cokelat atau selai dicampurkan saat pisang yang digoreng sudah mulai dingin sementara cokelatnya masih cair dan panas.

Mudah dan membuat semangat ya cara membuat keripik pisang manis? Apalagi ternyata manfaat konsumsi keripik pisang sangatlah bagus. Yuk, dicoba!

Post a Comment for "Cara Membuat Keripik Pisang Manis Mudah dan Sederhana"