Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memelihara Durian agar Cepat Berbuah

Begini Cara Memelihara Durian agar Cepat Berbuah dan Segera Dinikmati

Bila Anda menanam pohon, tentu Anda berharap agar cepat berbuah. Termasuk ketika Anda menanam pohon durian. Namun, Anda pasti kesal kan ketika tanaman yang sejak lama ditanam tak kunjung berbuah. Lantas bagaimana cara memelihara durian agar cepat berbuah?

Pohon yang diambil buahnya rata-rata memang berbuah pada usia yang cukup panjang. Paling tidak di atas lima tahun. Coba bayangkan, sudah susah payah menunggu 5 tahun lantas tak berbuah, bukankah Anda akan merasa kesal dibuatnya?

Untuk itu, Anda harus paham betul bagaimana cara memelihara buah berduri ini agar segera bisa dipanen. Bila tidak, sudah capek-capek menunggu, eh tak berbuah juga. Penantian selama 5 tahun tentu akan terasa sia-sia.

Bagaimana Cara Memelihara Durian agar Cepat Berbuah?

Memelihara pohon durian memang susah-susah gampang. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya, Anda pasti bisa. Hanya memang Anda harus membekali diri dengan pengetahuan, kalau tidak maka sia-sia masa penantian Anda.

Ada banyak faktor yang mengakibatkan durian enggan berbuah. Nah, faktor-faktor ini yang harus Anda perhatikan agar durian segera menghasilkan buah. Lantas bagaimana cara memelihara durian agar cepat berbuah? Simak di bawah ini:

1.      Memperhatikan Sinar Matahari

Anda boleh berharap durian untuk cepat berbuah, tetapi perhatikan dulu intensitas cahaya yang diterima oleh si durian. Tiap harinya, durian membutuhkan sinar matahari selama 8 hingga 12 jam.

Bila kurang dari itu, besar kemungkinan durian enggan berbuah. Untuk itu, Anda harus perhatikan jarak tanaman supaya tiap tanaman benar-benar mendapat sinar matahari yang cukup.

2.      Tingkat Kesuburan Tanah

Perhatikan tingkat kesuburan tanah di lahan pohon durian milik Anda. Pohon durian senang tumbuh di lahan dengan tanah lempung berpasir yang mengandung banyak unsur hara. Bila tanah terlalu liat dan kurang unsur hara, pantas saja durian enggan berbuah.

Anda harus pastikan tanah sesuai dengan kebutuhan pohon durian. Tak lupa, beri pupuk secara teratur baik pupuk organik maupun kimia, sehingga kebutuhan nutrisi pohon durian tetap tercukupi.

3.      Kedalaman Lapisan Tanah

Cara memelihara durian agar cepat berbuah selanjutnya yakni harus memperhatikan kedalaman lapisan tanah. Pohon durian memiliki akar tunggang yang mampu menghujam lapisan tanah sampai kedalaman 2 meter.

Pastikan Anda menanam bibit durian cukup dalam. Bila tidak, pasti pohon durian akan tumbuh kurang optimal.

4.      Bibit Pohon

Bibit unggul tentu akan berbuah lebih cepat dibanding yang bukan unggul. Bila Anda menanam dari biji, pohon akan berbuah pada umur 10 tahun. Bila dari okulasi, pohon akan berbuah pada umur 8 tahun. Lalu durian unggul bisa berbuah pada umur 5 tahun.

5.      Pengairan

Cara memelihara durian agar cepat berbuah yakni dengan memperhatikan pengairan pohon. Durian berbunga setelah mengalami masa kering selama dua bulan lalu memperoleh masa basah setelahnya minimal satu bulan.

Begitulah cara memelihara durian agar cepat berbuah. Pastikan untuk memenuhi semua kriteria agar pohon durian Anda segera menampakkan buahnya.

Post a Comment for "Cara Memelihara Durian agar Cepat Berbuah"