Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ibu Hamil Wajib Konsumsi Buah Naga 4 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus banyak makan tetapi harus pilih-pilih jenis makanan. Meski tidak ada pantangan untuk ibu hamil, tentu lebih baik bila konsumsi makanan bergizi setiap hari. Nah, salah satu buah yang wajib dikonsumsi ibu hamil ialah buah naga. Yuk kita bahas manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Buah naga memiliki citarasa unik yang membedakannya dengan buah lain. Buah naga memiliki bentuk unik dan rasa yang lezat. Ditambah lagi manfaatnya yang baik untuk kesehatan, terlebih untuk ibu hamil.

Simak 4 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus mengonsumsi makanan sehat. Sebab apapun makanan yang dikonsumsi ibu hamil akan berpengaruh terhadap kesehatan janin. Maka tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan, harus memilih yang kaya akan gizi.

Dari beberapa jenis makanan, buah-buahan selalu menjadi pilihan paling pas. Kandungan gizi di dalam buah-buahan amat tinggi, terlebih dari buah naga. Untuk itu, Anda harus memasukkan buah naga sebagai buah yang wajib ada di kulkas.

Lantas apa manfaat buah naga untuk ibu hamil? Simak 5 manfaat buah naga untuk ibu hamil.

1.      Mencegah Sembelit

Ibu hamil rentan mengalami gangguan pencernaan. Yang paling sering dialami ialah sembelit. Beberapa kandungan vitamin ibu hamil memiliki efek samping timbulnya sembelit, itulah mengapa sembelit dianggap gangguan yang wajar.

Tetapi bila sembelit terjadi terus menerus pastinya terasa tidak nyaman. Nah, Anda harus mengatasi sembelit menggunakan buah naga. Kandungan serat di dalam buah naga dipercaya mampu memperlancar buang air besar.

2.      Mencegah Anemia

Kandungan penting di dalam buah naga yakni zat besi. Dalam 100 gram buah naga terdapat kurang lebih 7 persen zat besi. Ibu hamil sangat butuh akan zat besi karena rentan akan tekanan darah rendah dan anemia.

Oleh karena itu, Anda bisa memasukkan buah naga sebagai makanan wajib. Karena dalam tiap harinya, ibu hamil butuh sekitar 27 mg zat besi per hari. Terpenuhinya kebutuhan zat besi akan mengurangi resiko bayi lahir prematur dan berat badan bayi rendah.

3.      Meningkatkan Imunitas Ibu Hamil

Satu dari 5 manfaat buah naga untuk ibu hamil yakni mampu meningkatkan imunitas. Imunitas atau kekebalan tubuh sangat penting untuk ibu hamil. Bila ibu hamil tidak memiliki kekebalan tubuh yang baik, tentu kehamilan akan berisiko.

Sehingga ibu hamil tidak bisa menjalani aktivitas seperti biasa dan harus diperlakukan seperti orang sakit. Nah, memasukkan buah naga sebagai makanan sehari-hari mampu menjadi cara ampuh untuk memelihara kesehatan tubuh.

4.      Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Otak Janin

Perkembangan otak janin harus diperhatikan selama masa kehamilan. Bila perkembangan otak kurang sempurna, janin akan memiliki resiko mengalami kecacatan.

Salah satu manfat buah naga untuk ibu hamil ialah mampu membantu perkembangan otak janin. Sehingga janin bisa tumbuh dengan sempurna dan sehat tanpa mengalami kecacatan.

5.      Melindungi dan Menjaga Kesehatan Sel

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh janin. Selama masa pertumbuhan, sel selalu mengalami perkembangan. Maka penting untuk menjaga kesehatan sel janin agar berkembang dengan baik.

Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi buah naga secara berlebihan. Karena segala yang berlebihan tentu tidak baik.

Nah, itulah 5 manfaat buah naga untuk ibu hamil. Maka penting bagi ibu hamil untuk rutin mengonsumsi buah naga untuk memelihara kesehatan diri dan janinnya.

Post a Comment for "Ibu Hamil Wajib Konsumsi Buah Naga 4 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil"