Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Lho 6 Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Ini Lho 6 Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil!

Anda sedang hamil? Atau memiliki anggota keluarga yang tengah hamil? Ibu hamil butuh kandungan nutrisi dari beragam makanan sehat. Nah, salah satu buah yang disarankan untuk ibu hamil ialah apel. Buah apel dipercaya memiliki banyak manfaat, maka ini waktu tepat untuk mengetahui 6 manfaat buah apel untuk ibu hamil.

Apel memiliki cita rasa enak dan segar dikonsumsi setiap saat. Kandungan penting di dalam buah apel seperti serat, vitamin C, vitamin A, vitamin E, folat, magnesium, vitamin K, kalsium, dan lain-lain dinilai sangat baik untuk ibu hamil beserta janin di dalam kandungan.

Selain itu, buah apel mudah sekali ditemukan. Maka penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi apel setiap hari.

6 Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Banyak perubahan yang terjadi selama proses kehamilan. Anda harus siap menghadapi beragam perubahan tersebut agar kehamilan berjalan dengan lancar. Nah, untuk mengantisipasi kondisi kurang nyaman, Anda harus rutin konsumsi buah-buahan. Apel menjadi satu buah yang direkomendasikan bagi ibu hamil.

Supaya lebih yakin, yuk simak 6 manfaat buah apel untuk ibu hamil.

1.      Meningkatkan Imunitas

Ibu hamil rentan mengalami sakit. Sebagian besar ibu hamil mengalami morning sickness yang mengakibatkan terganggunya selera makan. Hal ini seringkali mengakibatkan ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi.

Bila Anda mengalami gangguan selera makan, Anda bisa mengonsumsi buah apel saja. Biasanya ibu hamil tidak berselera makan nasi, tetapi aman ketika mengonsumsi buah-buahan.

Ketika perut senantiasa terisi, tentu imunitas ibu hamil tetap terjaga. Alhasil ibu hamil tidak akan mudah sakit.

2.      Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Setelah janin menempel di rahim, otomatis ibu hamil harus berbagi nutrisi dengan si kecil. Asupan makanan dan minuman harus ditambah untuk menghindari dehidrasi. Nah, untuk meningkatkan asupan cairan, Anda bisa konsumsi buah apel yang kaya akan cairan.

Kandungan kalium dalam buah apel cukup tinggi. Kalium ini dinilai mampu membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan elektrolit tubuh selama masa kehamilan.

3.      Memelihara Kesehatan Pencernaan

Eat an apple a day keep the doctors away, quote cukup terkenal ini memang masuk akal bila melihat betapa banyak manfaat buah apel untuk kesehatan ibu hamil. Salah satu dari 6 manfaat buah apel untuk ibu hamil yakni mampu memelihara kesehatan pencernaan ibu hamil.

Ibu hamil rentan mengalami gangguan pencernaan karena sering mual dan muntah. Asam lambung dapat naik dengan mudah sehingga membuat ibu hamil mengalami sakit perut.

Kesehatan pencernaan ibu hamil bisa lebih terjaga dengan rutin mengonsumsi apel. Pun gangguan pencernaan seperti sembelit mampu diatasi dengan buah apel.

4.      Mengurangi Resiko Cacat Lahir

Setiap ibu hamil tentu menginginkan anak lahir dengan sehat sempurna. Namun, harus ada upaya untuk mencapai keinginan itu. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni dengan rutin mengonsumsi apel.

Kandungan folat di dalam apel amat penting untuk mencegah resiko cacat lahir. Selain rutin mengonsumsi suplemen asam folat, Anda bisa dapatkan kandungan folat pula dari buah apel.

5.      Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu dari 6 manfaat buah apel untuk ibu hamil ialah menjaga kesehatan tulang. Janin mengalami perkembangan cukup pesat selama masa kehamilan. Untuk memastikan pertumbuhan tulang, gigi, otot, jantung, serta sistem syaraf si kecil, ibu hamil harus mengonsumsi cukup kalsium. Nah, kalsium bisa didapatkan dari susu dan buah apel.

6.      Mencegah Kram Kaki

Kram kaki ialah keluhan yang biasa dialami oleh ibu hamil. Ini diakibatkan oleh hormone, kekurangan asupan mineral, serta kenaikan berat badan. Untuk mencegah kram kaki, Anda bisa konsumsi buah apel. Melalui buah apel, Anda akan mendapatkan beragam kandungan mineral penting seperti kalium, kalsium, serta magnesium.

Buah apel memang kaya akan manfaat. Pastikan untuk rutin mengonsumsi apel agar mendapat 6 manfaat buah apel untuk ibu hamil. Selalu stok di rumah ya!

Post a Comment for "Ini Lho 6 Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil"