Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelang Ramadhan, Cara Membuat Kolak Pisang dan Ubi Sederhana

Tak terasa Ramadhan sudah di depan mata. Suasana berbuka pasti paling terngiang di pikiran Anda. Nah, salah satu menu khas berbuka ialah kolak pisang dan ubi. Bila Anda lupa saking sudah lama tidak membuatnya, simak dulu cara membuat kolak pisang dan ubi sederhana melalui ulasan ini.

Kolak boleh dibilang menu khasnya Ramadhan. Meski bisa-bisa saja sih orang membuat kolak di luar Ramadhan, tetapi rasanya tentu tak seistimewa dibanding menyantapnya di waktu berbuka. Jadi waktu paling tepat memang pas bulan puasa ini.

Memang kolak tidaklah mewah dan cenderung sederhana, tetapi yang dirindukan tentu suasananya. Makan kolak tidaklah istimewa kalau bukan di waktu Ramadhan. Jadi mumpung Ramadhan sudah dekat, persiapkan dulu bahan-bahannya.

Cara Membuat Kolak Pisang dan Ubi Sederhana Ala Ramadhan

Untuk membuat kolak, Anda harus persiapkan dulu bahan-bahannya. Bila bahan tidak lengkap, tentu kesempurnaan suasana belum didapat. Bahan utama tentu pisang dan ubi, keduanya tidak boleh ketinggalan.

Lalu Anda bisa tambahan unsur lain seperti roti tawar, kolang-kaling, maupun isian lain. Anda bisa tambahkan apapun selama pisang dan ubi tetap ada. Simak yuk cara membuat kolak pisang dan ubi sederhana berikut ini:

Bahan yang Dibutuhkan:

-          2 buah ubi

-          ½ kg kolang-kaling

-          1 sisir pisang sesuai selera

-          700 ml santan encer

-          500 ml santan kental

-          4 keping gula merah kecil

-          3 lembar daun pandan

-          ½ sdt garam, atau sesuai selera

-          5 sdm gula pasir, atau sesuai selera

Cara Membuat Kolak Pisang dan Ubi Sederhana

-          Persiapkan semua bahan, cuci bersih dan potong kolang-kaling lalu rebus hingga mendidih. Sisihkan.

-          Rebus santan encer, daun pandan, dan gula merah.

-          Setelah semua bahan tercampur, masukkan ubi dan pisang ke dalam rebusan santan. Rebus hingga pisang dan ubi lunak.

-          Tambahkan gula dan garam, lalu masukkan santan kental sambil diaduk agar tidak pecah. Oh ya, bila ada buih kecoklatan, Anda bisa membersihkannya.

-          Koreksi rasa sampai sudah sesuai selera Anda.

-          Angkat lalu sajikan. Anda bisa sajikan hangat-hangat atau diberi es supaya lebih segar.

Wah, membuat kolak pisang dan ubi ternyata mudah sekali ya! Tidak ada alasan bagi siapa pun untuk membuat sendiri di rumah. Toh dengan membuat sendiri di rumah pastinya lebih sesuai dengan selera keluarga dan bila dihitung-hitung justru lebih hemat juga.

Selain itu, aktivitas membuat kolak bisa menjadi ajang mengakrabkan seluruh anggota keluarga. Nah, setelah tahu cara membuat kolak pisang dan ubi sederhana, segera buat di rumah ya! Karena tanpa kolak, Ramadhan akan terasa hambar.

Post a Comment for "Jelang Ramadhan, Cara Membuat Kolak Pisang dan Ubi Sederhana"