Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Pupuk untuk Jagung Biar Buahnya Besar

Jenis Pupuk untuk Jagung Biar Buahnya Besar

Tanaman jagung termasuk komoditi yang cepat menghasilkan. Anda hanya membutuhkan waktu 3 sampai 4 bulan untuk panen. Yang paling penting diperhatikan adalah ukuran buah. Beberapa petani menambahkan pupuk untuk jagung biar buahnya besar.

Tentu saja ukuran buah tidak hanya dipengaruhi oleh pupuk., tetapi juga proses penananaman secara keseluruhan.

Proses Penanaman Jagung

Proses tersebut dari awal hingga akhir kira-kira digambarkan, sebagai berikut.

Pemilhan benih atau biji jagung yang digunakan dan ditanam. Benih yang baik adalah yang berasal dari varietas unggul, sehat, dan bebas dari penyakit.

Cara memilih benih sesuai kriteria di atas. Yaitu: benih terdaftar di Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, masih segar, dan kecambahnya bagus.

Pengolahan lahan sebelum ditanamani, dimulai dari mencangkul; mengukur PH tanah; memberi pupuk kandang; dan menyiapkan drainase air.

Pembuatan bedengan dan lubang tanam

Penanaman jagung, di setiap lubang diletakkan benih 1-2 biji.

Pengairan, dengan mengaliri air dan menggenangi bagian parit atau bedengan.

Penyulaman, alias pengecekan pertumbuhan bibit. Jika ada benih yang tidak sesuai harapan maka diganti dengan bibit baru.

Penyiangan dan pembubuhan, alias pembersihan tanaman dari gulma setelah berusia 2 minggu. Penyiangan ini dilakukan secara manual agar rasa jagung lebih manis dan organik.

Penyiraman, dilakukan jika saat menanam Anda bertemu dengan musim kemarau. Penyiraman bertujuan agar kelembaban tanah terjaga.

Pemupukan, pupuk untuk jagung biar buahnya besar akan dibahas khusus di bagian bawah.

Pengendalian hama yang umum, seeprti hama ulat tongkol, kutu daun, dan pengerek batang.

Pemanenan, biasanya dilakukan pada usia 3-4 bulan atau sekitar hari ke-65 sampai 75 sejak biji ditanam.

Jenis Pupuk untuk Jagung Biar Buahnya Besar

Pemupukan adalah proses pemberian zat tertentu kepada beberapa bagian tanaman agar tumbuh lebih baik. Hal ini dilakukan sejak masih tanaman dalam proses awal tanam.

Jadi, agar jagung mempunyai buah besar pemupukan dilakukan beberapa tahap sesuai jenisnya seperti uraian berikut.

Pupuk Kandang

Pupuk kandang, sesuai dengan namanya merupakan pupuk olahan dari kotoran hewan. Biasanya kotoran yang digunakan adalah ayam, sapi, dan kambing. Di took pertanian Anda dapat dengan mudah menemukan pupuk ini yang sudah dicampur dengan sedikit tanah agar dapat langsung digunakan.

Pupuk kandang pada penanaman jagung diaplikasikan pada saat pengolahan tanah atau penanaman biji.

Pupuk Bokashi

Pupuk bokashi adalah pupuk kompos. Pembuatannya dengan menggunakan starter maupun anaerobic yang ditambahkan pada daun, air, dan sekam padi.

Pupuk bokashi dapat diaplikasikan pada tanah perkebunan yang ditanami jagung saat usianya 2 bulan. Dengan demikian, tanah tidak kekurangan unsur hara dan jagung berbuah besar dan lebat.

Pupuk Buatan

Jika kebetulan tidak menemukan pupuk bokashi, di usia 2 bulan Anda dapat juga memberikan bagian tanah tanaman jagung pupuk buatan.

Pupuk jenis ini banyak dijual di toko pertanian. Yang penting diperhatikan, pupuk mempunyai kandungan kalium, nitrogen, dan posfat yang cukup.

Demikianlah cara menanam dan pupuk untuk jagung biar buahnya besar. Selamat mencoba dan berkebun!

Post a Comment for "Jenis Pupuk untuk Jagung Biar Buahnya Besar"