Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pupuk Apa yang Bagus untuk Jagung? Temukan Jawabannya Disini

Pupuk Apa yang Bagus untuk Jagung? Temukan Jawabannya Disini!

Menanam jagung memang gampang-gampang susah. Satu yang pasti, siapa pun bisa menanam jagung kok! Termasuk bagi pemula sekali pun. Namun, sebelum menanamnya, Anda harus tahu pupuk apa yang bagus untuk jagung, sebab pemupukan sangat penting untuk pertumbuhan tanaman tropis ini.

Tahap pemupukan bisa dilakukan sebanyak minimal dua kali, yakni saat persiapan lahan dan pemeliharaan. Ketika tanah telah diolah, sebelum ditanami jagung, tanah harus dipupuk terlebih dulu. Tahap ini diberi nama pemupukan dasar.

Kemudian saat benih sudah tertanam, pupuk tetap harus diberikan. Tahap pertama yakni pada 10 hari setelah masa tanam. Jadi pengetahuan akan pupuk sangatlah penting. Nah, Anda akan dapatkan informasi mengenai pupuk dari ulasan ini. Yuk simak!

Pupuk Apa yang Bagus untuk Jagung?

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai hal itu, terlebih untuk Anda yang masih sangat awam dalam proses menanam jagung. Bila Anda menerapkan cara menanam dengan benar, tentu Anda tidak akan menghadapi kegagalan.

Terlebih kini telah banyak beredar benih jagung unggul dengan harga terjangkau. Jadi menanam jagung bisa lebih mudah. Nah, urusan benih sudah teratasi, maka selanjutnya adalah persoalan pupuk.

Sudahkah Anda tahu pupuk apa yang bagus untuk jagung? Beberapa pupuk yang biasa digunakan saat menanam jagung antara lain:

1.      Pupuk Kandang

Setelah tanah diolah hingga gembur, taburkan pupuk kandang di atasnya. Pupuk kandang boleh dibilang sebagai pupuk dasar. Sebab setelah diberi pupuk kandang, benih akan segera bisa ditanam di atas tanah.

Nah, pupuk kandang bisa diperoleh dengan mengolah sendiri bila memiliki hewan ternak seperti sapi atau kambing. Atau bisa pula diperoleh dari toko pertanian.

2.      Pemupukan pada 10-15 Hari Setelah Tanam (HST) dan 30 HST

Mau tahu pupuk apa yang bagus untuk jagung? Anda bisa gunakan kombinasi Urecote, Fertiphos, KCL, atau NPK 15.15.15.

Keempat pupuk ini memang biasa digunakan untuk memupuk jagung. Anda bisa membuat takaran sesuai dengan luas lahan. Bila masih bingung dengan takaran, Anda bisa konsultasi kepada pemilik toko pertanian.

Atau tanyakan kepada petani lain yang telah berpengalaman dalam menanam jagung. Bila Anda masih dalam tahap awal, Anda pun bisa melakukan percobaan sendiri sampai menemukan kombinasi tepat.

3.      Pemupukan Lewat Daun

Jagung juga tak lepas dari gangguan hama dan penyakit. Anda bisa gunakan obat pembasmi hama dan penyakit dari toko pertanian. Anda akan mendapatkan rekomendasi obat sesuai dengan penyakit tanaman.

Pastikan untuk mempelajari jenis-jenis penyakit pula supaya perkembangan jagung lebih maksimal.

Masihkah Anda bertanya tentang pupuk apa yang bagus untuk jagung? Ulasan di atas telah memberi jawaban atas pertanyaan Anda. Jadi segera beli di toko pertanian supaya jagung bisa segera dipupuk dengan jumlah dan takaran tepat.

Post a Comment for "Pupuk Apa yang Bagus untuk Jagung? Temukan Jawabannya Disini"