Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Segera Stok di Rumah 10 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Untuk memiliki tubuh sehat, Anda harus melakukan berbagai upaya. Anda harus memperhatikan asupan cairan, asupan makanan, serta berolahraga. Untuk asupan makanan, Anda harus pastikan mengonsumsi makanan sehat, salah satunya buah apel. Mari kita bahas 10 manfaat buah apel untuk kesehatan.

Buah apel telah lama dikenal memiliki segudang manfaat. Di Indonesia sendiri, buah apel yang paling terkenal ialah apel malang. Pun apel satu ini dinilai memiliki kandungan nutrisi lebih baik daripada apel impor.

Sementara apel lain pun tak kalah bermanfaat. Mau makan apel apapun pada dasarnya sama-sama baik, hanya masalah selera saja. Apel dipercaya sangat ampuh untuk memelihara kesehatan tubuh. Bahkan ada pepatah mengatakan, satu apel per hari mampu menjauhkan Anda dari dokter.

Inilah 10 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan!

Manfaat buah apel sangat beragam. Untuk itulah, banyak orang menyarankan agar mengonsumsi buah satu ini. Apel baik untuk semua orang, mulai dari anak-anak hingga lansia. Manfaatnya yang begitu banyak membuat buah satu ini sangat direkomendasikan.

Nah, tentu Anda penasaran dengan beragam manfaat tersebut. Meski Anda tahunya buah ini bermanfaat, tetapi Anda harus tahu manfaatnya secara rinci. Dengan begitu, Anda bisa mendidik anak maupun anggota keluarga secara jelas.

Lantas apa saja manfaat apel untuk kesehatan tubuh? Yuk simak 10 manfaat buah apel untuk kesehatan:

1.      Baik untuk Program Diet

Apel memiliki kandungan serat cukup tinggi. Nah, makanan dengan kandungan serat tinggi dipercaya mampu memberi sensasi kenyang lebih lama. Itulah mengapa Anda selalu disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, diantaranya apel.

Bila rasa kenyang bertahan lebih lama, tentu konsumsi makanan akan berkurang. Dengan begitu, akumulasi kalori harian akan lebih rendah dan berat badan perlahan akan turun. Program diet pun akan berjalan lancar tanpa membuat Anda tersiksa sama sekali.

2.      Menetralisir Kadar Gula Darah

Memiliki penyakit diabetes mellitus amat melelahkan. Apalagi bagi Anda yang memang memiliki bawaan penyakit ini. Mau tak mau Anda harus mengatur pola makan dengan baik, alias Anda harus sedikit lebih ribet dalam memilih makanan.

Nah, salah satu buah yang cukup baik untuk menetralisir kadar gula darah ialah apel. Meski buah ini cukup manis, nyatanya tidak akan membuat kenaikan gula darah yang signifikan.

Oleh karena itu, buah apel bisa dijadikan asupan rutin bagi penderita maupun potensi penderita. Dengan begitu, kadar darah tetap bisa normal dan Anda bisa hidup dengan lebih sehat.

3.      Mencegah Stroke

Stroke sangat ditakuti oleh banyak orang karena menyerang secara mendadak dan memberi dampak yang tidak sepele. Maka penting untuk memelihara kesehatan agar tidak sampai mengalami gangguan stroke.

Langkah mudah yang bisa dilakukan yakni rutin makan buah apel. Karena satu dari 10 manfaat buah apel untuk kesehatan adalah mampu mencegah penyakit stroke.

4.      Meningkatkan Kesehatan Kulit

Siapa yang tak mau memiliki kulit sehat terawat? Nah, Anda bisa konsumsi apel secara rutin untuk dapatkan kulit sehat. Jadi stok apel yang banyak di rumah ya!

5.      Menurunkan Kolesterol

Bila Anda terlalu sering makan gorengan, besar kemungkinan kadar kolesterol di dalam tubuh cukup tinggi. Anda harus segera mengurangi asupan gorengan serta makan apel secara rutin agar kadar kolesterol perlahan turun.

6.      Melancarkan Buang Air Besar

Sembelit membuat perut terasa tidak nyaman. Penting untuk buang besar secara rutin setiap harinya. Nah, bila Anda mengalami gangguan buang air besar, Anda bisa konsumsi apel untuk mengatasinya. Sehingga tidak ada lagi yang namanya sembelit.

7.      Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung sering diakibatkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah. Nah, untuk menghindari resiko tersebut, Anda bisa lakukan dengan rutin konsumsi apel. Pastikan makan apel setiap hari sebanyak 1 atau 2 buah dan lihat hasilnya.

8.      Mengontrol Asma

Satu dari 10 manfaat buah apel untuk kesehatan yakni mampu mengatasi asma. Asma merupakan penyakit genetik yang sulit disembuhkan tetapi mudah dikontrol. Nah, langkah untuk mengontrol asma agar tidak kambuh adalah dengan menggunakan apel.

9.      Mengurang Risiko Penyakit Batu Empedu

Penumpukan kolesterol di saluran empedu mengakibatkan penyakit batu empedu. Nah, solusi dari gangguan ini yakni dengan mengurangi asupan makanan tinggi kolesterol. Sebagai tambahan asupan, Anda bisa konsumsi apel yang efektif menurunkan kadar kolesterol.

10.  Mengurangi Resiko Kanker

Penyakit kanker termasuk satu yang paling ditakuti. Kanker disebabkan oleh zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mengatasinya, diperlukan asupan makanan dengan kandungan antioksidan tinggi. Dan apel merupakan salah satu asupan tepat.

Itulah 10 manfaat buah apel untuk kesehatan. Yakin tidak mau stok banyak di rumah?

Post a Comment for "Segera Stok di Rumah 10 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan"