Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Simak Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

Masih Pemula? Yuk Simak Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula!

Banyak yang salah paham mengenai website. Mereka mengira bahwa membuat website itu rumit dan butuh banyak biaya. Padahal tidak sepenuhnya demikian lho! Anda bisa kok membuat website tanpa biaya sama sekali alias gratis. Maka Anda harus simak cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula.

Meski segala sesuatu yang serba gratisan itu tidak maksimal, tetapi untuk belajar tentu tidak masalah. Anggap saja ini sebagai latihan, bila sudah bisa berjalan lancar barulah Anda membeli hosting dan domain sendiri.

Asalkan Anda telah paham konsep membuat website, meski dari gratisan dulu, pasti Anda tidak akan kesulitan membuat website secara profesional. Maka tidak masalah menggunakan website gratisan terlebih dulu.

Inilah Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

Untuk pemula, jangan disodori yang sulit-sulit! Pemula ingin proses belajar dibuat sesederhana mungkin sehingga bisa lebih cepat melakukan oprek website sendiri. Kalau membuat saja sudah sulit, tentu bagian lain akan lebih sulit.

Untungnya, membuat website itu mudah kok! Bahkan bisa gratis pula. Sebagai langkah permulaan, simak dulu cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula berikut ini:

1.      Membuat Akun di Freenom untuk Memiliki Domain

Domain bisa dibilang sebagai alamat dari website yang Anda buat. Anda harus memiliki alamat unik yang tidak dimiliki oleh orang lain. Tidak mungkin dong Anda tinggal di sebuah tempat yang telah ditempati oleh orang lain?

Untuk mendapatkan domain gratis, Anda harus mendaftarkan domain di website freenom. Ketikkan nama sesuai selera Anda lalu cek ketersediaan nama tersebut. Bila nama tersedia, Anda bisa melakukan tahap selanjutnya.

2.      Memilih Ekstensi Domain Gratisan

Meski gratisan, ternyata website yang Anda buat bisa terkesan profesional lho! Terdapat beberapa pilihan ekstensi domain yang bisa Anda gunakan secara gratis. Pilih salah satu dari pilihan yang ada.

Bila sudah memilih, Anda bisa tekan tombol checkout dan tentukan durasi berlangganan. Bila semua proses lancar, Anda tentu bisa melakukan langkah berikutnya.

3.      Konfirmasi Kepemilikan Domain

Cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula selanjutnya yakni melakukan konfirmasi kepemilikan domain. Anda telah mendaftarkan domain sesuai nama Anda.

Bila Anda tak ingin nama tersebut diambil orang lain, Anda harus segera melakukan konfirmasi melalui email. Setelah itu, Anda harus mengisi kelengkapan data diri dan menyatakan persetujuan.

4.      Login ke Client Area Domain dan Mendaftar Hosting Gratis

Setelah terkonfirmasi, Anda bisa langsung login ke client area. Domain sudah ada, kini saatnya untuk mendaftarkan hosting (penyimpanan) untuk website Anda.

Anda bisa membuka website penyedia layanan hosting. Lalu daftarkan domain gratisan milik Anda agar mendapatkan hosting.

Ikuti langkah dengan cermat, sampai pada tahap yang menyatakan bahwa pendaftaran hosting Anda telah berhasil. Dengan begitu, Anda sudah mendapatkan fasilitas hosting gratis.

5.      Menghubungkan Domain dan Hosting

Cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula selanjutnya yakni menghubungkan domain dan hosting. Anda harus hubungkan keduanya agar website bisa digunakan.

6.      Menginstal Wordpress

Supaya instalasi website menjadi makin mudah, Anda harus menginstal wordpress. Pada akun hosting, Anda isa mencari pilihan Auto Installer. Pada kolom pencarian, ketik kata Wordpress.

Lakukan proses aktivasi dan isi data diri dengan lengkap. Setelah data dikonfirmasi, Anda bisa mencoba memasukkan domain Anda disana. Bila berhasil, domain tersebut bisa digunakan untuk login di wordpress.

Begitulah cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula. Langkah-langkah tersebut amat mudah dilakukan. Maka segera praktikkan agar Anda memiliki website sendiri.

Post a Comment for "Yuk Simak Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula"