Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

Anda pasti tak lagi asing dengan buah kedondong. Buah satu ini sering kita temui di rujak yang dijual abang-abang. Selain memiliki rasa unik, ternyata kedondong memiliki beragam manfaat. Yuk kita simak 10 manfaat buah kedondong untuk kesehatan.

Buah kedondong memang paling enak kalau disantap dengan sambal rujak. Perpaduan asam, manis, ditambah sambal yang pedas menambah kenikmatan dalam menyantap buah ini. Selain mampu memanjakan lidah, ternyata kedondong sangat baik untuk memelihara kesehatan.

Kalau Anda suka kedondong, jangan berhenti konsumsi buah ini. Kalau belum suka, baca dulu manfaatnya, pasti Anda akan mempertimbangkan untuk makan kedondong setelahnya.

Inilah 10 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

Buah duku buah kedondong, makan sehat yuk biar sehat dong! Kalau Anda ingin tubuh sehat, maka harus konsumsi makanan sehat pula. Buah termasuk satu makanan sehat yang selalu direkomendasikan oleh para ahli.

Buah yang bisa Anda konsumsi salah satunya kedondong. Buah satu ini memiliki banyak penggemar, terlebih para pecinta rujak. Namun, setelah tahu 10 manfaat buah kedondong untuk kesehatan, pasti Anda akan menjadi penggemar selanjutnya.

Apa saja manfaat buah ini? Simak di bawah ini:

1.      Memperlancar Buang Air Besar

Semua orang sepakat bahwa buang air besar tak lancar, entah itu sembelit maupun diare sama-sama tidak nyaman. Kabar baiknya, Anda bisa perlancar buang air besar dengan rutin makan buah kedondong.

Anda bisa melihat dengan jelas kandungan serat buah kedondong dari bijinya. Tak hanya di biji, daging buah kedondong pun memiliki kandungan serat yang tinggi. Nah, serat ini penting untuk memperlancar buang air besar.

2.      Menjaga Daya Tahan Tubuh

Rasa manis agak asam buah kedondong menunjukkan betapa buah ini kaya akan vitamin C. Anda harus tahu, vitamin C berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

3.      Memelihara Kesehatan Mata

10 manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang tak kalah penting yakni perannya dalam memelihara kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam buah kedondong sangat bermanfaat untuk mata. Sehingga mata Anda akan tetap sehat bila rutin konsumsi buah kedondong.

4.      Meningkatkan Produksi Kolagen

Vitamin C buah kedondong tidak hanya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi bermanfaat pula untuk meningkatkan produksi kolagen. Dengan begitu, kulit Anda akan senantiasa sehat meski usia terus bertambah.

5.      Menangkal Radikal Bebas

Hampir semua buah memiliki kandungan antioksidan, termasuk kedondong. Itulah mengapa, kedondong dipercaya mampu menangkal radikal bebas sehingga Anda terhindar dari resiko penyakit ganas.

6.      Memperlambat Proses Penuaan

Beragam kandungan dalam buah kedondong ternyata ampuh untuk memperlambat proses penuaan.

7.      Mengendalikan Kolesterol

Konsumsi makanan sembarangan membuat kolesterol dalam darah naik. Nah, Anda bisa mengendalikan kolesterol agar tidak makin menumpuk dengan rutin makan buah kedondong.

8.      Cocok untuk Program Diet

Kandungan serat dalam buah kedondong akan memberi sensasi kenyang lebih lama. Sehingga Anda tidak akan sering-sering makan dan berat badan perlahan akan berkurang.

9.      Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah kedondong sangat ampuh untuk mencegah anemia. Zat besi mampu merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

10.  Meredakan Batuk

Sedang batuk? Coba peras buah kedondong lalu tambahkan sejumput garam pada perasan tersebut.

Itulah 10 manfaat buah kedondong untuk kesehatan. Tak disangka, buah yang biasanya menjadi isian rujak ini ternyata memiliki manfaat yang sedemikian banyak.

Post a Comment for "10 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan"