Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 10 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Rasa dan warna dagingnya yang khas sering dipadukan dengan buah atau bahan makanan lainnya sehingga terbentuk makanan dengan cita rasa yang khas. Seperti salad buah, alpukat kocok, es alpukat durian dan lain-lain. Dan ternyata 10 manfaat buah alpukat untuk ibu hamil ini sangat baik dikonsumsi.

Kandungan di dalam daging buah alpukat mampu memberikan nutrisi untuk tumbuh kembang janin sekaligus kesehatan ibunya.

Catat dan Konsumsi 10 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil Ini!

Ibu yang tengah mengandung harus menjaga asupan nutrisinya dengan baik. Pasalnya apa yang Ibu hamil makan juga dirasakan oleh janin dalam kandungan. Ketahui banyaknya manfaat buah alpukat berikut ini.

1.      Menjaga Kesehatan Mata

Seorang ibu hamil harus memiliki pandangan yang jeli agar dapat melangkah dengan baik. Beberapa kasus mencatat bahwa ibu hamil yang jatuh tersandung berpotensi mengakibatkan gangguan pada janin bahkan fatal.

Alpukat ini mengandung Karotenoid dan Phytonutrient yang merupakan sumber vitamin A terbaik untuk menjaga kesehatan mata sekaligus menjaga daya tahan tubuh serta kesehatan sistem reproduksi.

2.      Mengurangi Keluhan Ibu Hamil

Proses mengandung sering kali membawa keluhan tersendiri yang cukup melelahkan, seperti kram, mual dan morning sickness. Keluhan ini dapat diatasi dengan mengonsumsi buah alpukat di pagi hari.   

3.      Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah Alpukat dengan kandungan Natrium (Sodium) dan kolesterol rendah hanya sekitar 1 gram protein, agar terhindar dari tekanan darah tinggi, yang berbahaya juga bagi kesehatan janin.   

4.      Anti Inflamasi

Kehamilan kerap menimbulkan gangguan pada kulit wajah wanita. Seperti penuaan dini, kerutan, jerawat dan kusam yang cukup mengganggu. Untuk mengatasinya, Ibu bisa mengonsumsi buah alpukat yang kaya vitamin C dan E, omega-3 asam lemak,  Zinc, Karotenoid, Selenium dan Pitosterol. Zat-zat tersebut berfungsi sebagai anti inflamasi dan anti peradangan.

5.      Mencegah Diabetes

Konsumsi gula pada Ibu hamil bisa meningkat drastis jauh di atas rata-rata. Hal ini perlu ditekan agar tidak menjadi diabetes. Caranya dengan mengonsumsi buah alpukat yang mengandung tinggi lemak sehat. Dimana ia akan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik yang dapat mencegah tubuh dari radikal bebas.

6.      Mengontrol Emosi Ibu Tetap Stabil

Buah alpukat memiliki kandungan hormon prolaktin yang berfungsi untuk mengontrol emosi Ibu hamil agar tetap stabil, tidak mudah emosi dan suasana hati tetap positif.

Selain itu, buah alpukat juga mengandung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tulang janin sehingga tidak terkena deformitas.

Ingat selalu 10 manfaat buah alpukat untuk Ibu hamil ini, ya! Yuk, konsumsi alpukat untuk kesehatan ibu dan bayi!

Post a Comment for "Inilah 10 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil"