Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Kesehatan tubuh perlu dijaga dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Salah satunya adalah alpukat, buah yang berwarna hijau pekat dengan biji yang besar ini memiliki banyak sekali kandungan yang baik. Manfaat buah alpukat untuk kesehatan bukan lagi rahasia umum, tetapi sudah dikenal luas di kalangan masyarakat.

Apa saja ya manfaat buah alpukat tersebut? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Segudang Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan, Baik untuk Kesehatan Tubuh!

Buah alpukat terbilang kalangan buah menengah. Harga sekilonya mulai dari belasan ribu rupiah. Semakin bagus jenisnya maka semakin tinggi harganya. Untuk mendapatkan buah alpukat tidaklah sulit. Karena selain dijual di toko-toko buah, alpukat juga dijual oleh para pedagang buah kaki lima yang sering kali mengkal di pinggir jalan.

Kalau sewaktu-waktu kamu mendapatinya, jangan sungkan untuk membeli karena dalam buah alpukat terkandung manfaat berikut ini.

1.      Menstabilkan Kerja Jantung

Alpukat mengandung sterol alami yang disebut sebagai beta-sitoterol yang fungsinya untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Kandungan kalium dalam alpukat juga baik untuk menjaga kestabilan detak jantung.

2.      Menjaga Kekuatan Tulang

Semakin bertambahnya usia, semakin rentan terkena penyakit tulang dan lemah otot. Untuk menjaga agar kekuatan tulang tetap optimal, makanlah buah alpukat matang secara rutin. Di dalamnya terkandung vitamin K hingga 15% dari kebutuhan orang dewasa.  

3.      Makanan Pendamping Diet

Kandungan lemak tak jenuh dan serat dalam buah alpukat terbilang tinggi, yang efeknya dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Ketika tubuh merasa kenyang maka ia akan enggan makan lebih banyak. Alhasil berat badan pun dapat terkontrol dengan baik.

4.      Menjaga Kesehatan Mental

Rutinitas yang padat baik pada anak-anak, remaja, mahasiswa hingga orang tua kerap berdampak pada kesehatan mental. Biar kamu tidak mudah depresi, konsumsilah buah alpukat yang kaya akan folat.

Zat ini akan mencegah terjadinya penimbunan homosistein atau zat yang mengganggu fungsi otak. Selain itu, penimbunan homosistein ini bisa terjadi dalam darah yang akibatnya menghambat produksi hormon dopamin, serotonin dan neropinefrin. Yang fungsinya berturut-turut untuk kesehatan tidur, suasana hati dan nafsu makan.

5.      Menjaga Kulit Tetap Sehat

Siapa sih yang nggak mau punya kulit sehat?

Baik wanita maupun pria pasti mendambakan kulit yang sehat. Paling tidak bebas dari jerawat, kekusaman dan tanda-tanda penuaan dini. Untuk mewujudkannya, kamu bisa mulai mengonsumsi alpukat secara rutin.

Hal ini karena buah alpukat mengandung zat antioksidan dan vitamin C serta zat anti inflamasi, yang dapat menyamarkan kerutan halus pada wajah sekaligus memberikan efek awet muda.

Itulah beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan "