Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib Simak 15 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi makanan kaya akan gizi adalah keharusan bagi tiap manusia, terutama ibu hamil. Selama hamil, Anda harus berbagi makanan kepada si jabang bayi yang ada di rahim. Kalau Anda makan ngawur, tentu kesehatan janin akan dipertaruhkan. Maka penting untuk tahu 15 manfaat buah pisang untuk ibu hamil.

Pisang termasuk ke dalam buah favorit. Semua umur bisa mengonsumsi buah satu ini, mulai dari balita hingga kakek nenek. Tesktur pisang yang lembut serta rasanya yang enak membuat siapa pun suka.

Kabar baiknya, pisang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Mari kita bahas manfaat pisang untuk ibu yang sedang hamil.

15 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Diklaim bermanfaat, tetapi Anda tidak boleh langsung percaya tanpa tahu kebenarannya. Setelah paham apa saja manfaatnya, ketika sedang malas pun pasti Anda akan memaksa diri untuk makan pisang.

Kira-kira apa saja 15 manfaat buah pisang untuk ibu hamil? Simak di bawah ini:

1.      Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Ibu hamil pasti tak asing dengan asam folat. Nah, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat selama kehamilan. Suplemen ini penting untuk mencegah risiko cacat lahir. Nah, asam folat ternyata banyak ditemukan di buah pisang. Jadi Anda pun bisa mengonsumsinya sebagai tambahan.

2.      Meningkatkan Perkembangan Saraf Janin

Perkembangan saraf janin menjadi perhatian tersendiri selama masa kehamilan. Pasalnya, berbagai gangguan kesehatan bisa terjadi ketika sistem syaraf tidak berkembang sempurna.

Nah, pisang mengandung vitamin B6 yang berperan penting dalam mendukung perkembangan sel sistem syaraf janin. Maka penting untuk konsumsi pisang selama kehamilan.

3.      Mengurangi Risiko Anemia

Anemia lumrah terjadi pada ibu hamil tetapi mampu berakibat fatal bisa tidak ditangani. Selain mengonsumsi suplemen zat besi yang diberikan oleh dokter, Anda harus tambahkan buah pisang karena kaya akan zat besi.

4.      Meningkatkan Pertumbuhan Hemoglobin

Kadar hemoglobin menunjukka kemampuan sel darah merah dalam mengikat oksigen. Kadar HB yang terlalu rendah berbahaya bagi janin, karena pasokan oksigen tentu akan berkurang. Nah, buah pisang membantu sel darah merah untuk memproduksi hemoglobin, maka penting untuk mengonsumsinya secara rutin.

5.      Mengatasi Sembelit

Sembelit boleh dibilang sebagai gangguan umum kehamilan. Meski dibilang lumrah, tetapi tak dipungkiri bahwa ini sangat tidak nyaman. Untuk mengatasi sembelit, Anda bisa rutin konsumsi pisang. Kandungan serat dalam buah pisang bagus untuk mengatasi sembelit.

6.      Mengatasi Gangguan Pencernaan

Tidak hanya sembelit, ibu hamil rentan mengalami maag dan gangguan pencernaan lain. Biasanya disebabkan karena telat atau salah makan. Supaya perut tetap dalam keadaan terisi, Anda bisa konsumsi pisang di sela waktu makan. Sehingga asam lambung tidak segera naik.

7.      Mengatasi Diare

Diare pun mengintai ibu hamil. Kandungan serat pisang berperan penting dalam menyerap cairan di usus besar. Alhasil diare bisa segera teratasi.

8.      Memperkuat Tulang Janin

Satu dari 15 manfaat buah pisang untuk ibu hamil yakni mampu memperkuat tulang janin karena kandungan kalsium yang dimiliki pisang. Tiap 200 gram pisang mengandung 10 mg kalsium alami. Ini sangat baik untuk perkembangan tulang janin.

9.      Menangkal Radikal Bebas

Ibu hamil diharapkan mampu terbebas dari radikal bebas. Tetapi untuk mencapai itu ternyata tidak mudah. Pisang bisa dijadikan elemen untuk menangkal radikal bebas sehingga ibu hamil bisa tetap sehat.

10.  Membentuk Antibodi

Kandungan protein dalam pisang bagus untuk membentuk antibodi ibu hamil. Dalam 225 gram pisang terdapat 2,5 gram protein alami.

11.  Mengurangi Mual dan Muntah

Mual dan muntah bukan hal asing lagi bagi ibu hamil. Nah, salah satu dari 15 manfaat buah pisang untuk ibu hamil yaitu mampu mengurangi mual dan muntah.

12.  Mencegah Pembengkakan Kaki

Kekurangan potassium pada ibu hamil mengakibatkan pembengkakan kaki. Maka mengonsumsi pisang yang kaya akan potassium mampu menangani kaki bengkak.

13.  Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah ibu hamil cenderung rendah, tetapi dalam kasus tertentu bisa tinggi pula. Keduanya sama-sama berbahaya. Nah, pisang bisa membantu Anda untuk menstabilkan tekanan darah.

14.  Meningkatkan Energi

Pisang memiliki kandungan kalori alami cukup tinggi. Tentu kandungan energi dalam pisang tinggi pula. Ibu hamil sangat perlu energi tambahan untuk menopang tubuhnya yang makin payah.

15.  Sumber Karbohidrat

Ibu hamil biasanya tidak selera makan nasi. Maka pisang dapat dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat selain nasi.

Itulah 15 manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Pastikan untuk konsumsi tiap hari ya!

Post a Comment for "Wajib Simak 15 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil"