Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anda Wajib Simak 5 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan saat-saat membahagiakan bagi pasangan suami istri. Dan pastinya lebih membahagiakan lagi bila momen ini telah ditunggu sejak lama. Ketika tengah berada di masa kehamilan, Anda harus perhatikan asupan gizi dengan baik. Anda harus banyak konsumsi buah, misalnya jambu biji. Dan mari kita simak manfaat jambu biji untuk ibu hamil.

Bila makanan tertentu tidak memberi manfaat bagi ibu hamil, tentu makanan itu tidak akan direkomendasikan. Makanan tanpa kandungan gizi penting cenderung sia-sia ketika dimakan. Tidak ada kandungan gizi yang bisa diserap, dan hanya sekadar numpang lewat. Sayang sekali bukan?

Itulah mengapa ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan. Bila makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan gizi tinggi, tentu akan memberi manfaat untuk ibu maupun janin dalam kandungan.

5 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Ibu hamil wajib tahu bahwa jambu biji itu mengandung banyak manfaat lho! Dengan begitu, Anda bisa segera tertarik untuk menyetoknya di rumah. Nah, Anda bisa olah beragam jenis makanan dengan menggunakan jambu biji.

Semakin banyak variasi yang Anda buat, tentu Anda akan lebih semangat untuk mengonsumsinya. Bonusnya, Anda akan mendapatkan manfaat yang besar untuk kesehatan Anda dan janin yang tengah dikandung.

Lantas apa manfaat jambu biji untuk ibu hamil? Simak ulasan di bawah ini:

1.      Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tiap ibu hamil memiliki risiko mengalami preeklamsia, yakni komplikasi yang ditandai dengan tingginya tekanan darah. Bila Anda mengalami kondisi ini, janin terpaksa harus dilahirkan lebih awal mengingat risiko cukup tinggi bila tidak segera dilahirkan.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa rutin mengonsumsi jambu biji. Buah satu ini dinilai mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga Anda terhindar dari risiko preeklamsia.

2.      Mencegah Cacat Janin

Karena tidak bisa melihat perkembangan janin secara langsung, maka ibu hamil hanya bisa berupaya maksimal agar janin tidak mengalami kecacatan. Salah satu suplemen yang disarankan adalah vitamin B9 atau yang biasa disebut asam folat.

Nah, asam folat ini terkandung dalam buah jambu biji. Jadi Anda bisa rutin konsumsi jambu biji sebagai pendamping suplemen yang diresepkan oleh dokter.

3.      Mengatasi Gangguan Pencernaan

Ibu hamil sangat rentang mengalami gangguan pencernaan. Hal ini terjadi karena hormon kehamilan yang makin meningkat seiring meningkatnya usia kehamilan. Tentu kondisi ini membuat Anda merasa tidak nyaman.

gangguan pencernaan yang sering dialami ibu hamil, misalnya sembelit, dapat diatasi dengan buah yang mengandung banyak serat. Nah, serat dari jambu biji mampu berkhasiat mengatasi sembelit. Ini boleh dibilang manfaat jambu biji untuk ibu hamil yang sangat penting.

4.      Mengatasi Anemia

Selain rentan sembelit, ibu hamil rentan mengalami anemia. Bila Anda mengalami anemia, otomatis pasokan oksigen kepada janin makin berkurang. Ini bisa mengakibatkan perkembangan bayi kurang maksimal serta tubuh Anda merasa letih dan lemas.

Untuk mengatasi hal itu, dibutuhkan makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi. Jambu biji merupakan satu rekomendasi tepat. Bila Anda rutin mengonsumsi jambu biji, risiko anemia makin berkurang.

5.      Mengurangi Risiko Pegal dan Kram

Seiring makin berkembangnya usia kehamilan, ibu hamil akan sering mengalami keluhan berupa pegal-pegal dan kram. Kondisi ini tidak membahayakan, hanya sangat tidak nyaman.

Anda bisa mengatasi itu dengan makan jambu biji secara rutin. Perlahan tapi pasti, Anda akan merasakan tubuh terasa lebih enakan.

Itulah manfaat jambu biji untuk ibu hamil. Anda disarankan untuk memasukkan jambu biji ke dalam daftar cemilan wajib mengingat manfaatnya yang cukup banyak.

Post a Comment for "Anda Wajib Simak 5 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil"