Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instal Ulang Windows 10 dengan Mudah Tanpa DVD

Bila ada masalah di komputer atau laptop Anda, apa cara paling mudah untuk dilakukan? Ya, tentu saja dengan melakukan instal ulang. Meski sekadar instal ulang pun biasanya kita harus datang ke jasa reparasi komputer, tidak bisa benar-benar menuntaskan sendiri kecuali untuk beberapa orang. Namun, cara instal ulang windows 10 tidaklah seribet itu. Bahkan Anda bisa menginstal ulang sendiri di rumah.

Ketika laptop mulai lemot, virusan, maupun bermasalah, instal ulang merupakan langkah jitu yang biasanya dipilih. Para teknisi pun tak jarang menyarankan langkah ini. Karena kelemahan windows sendiri ialah mudah terserang virus.

Virus biasanya akan membuat software bermasalah. Dengan diinstal ulang, berarti windows diatur ke pengaturan pabrik. Artinya semua file akan kembali bersih dan virus pun akan menghilang setelah diinstal ulang.

Windows pun makin lama makin canggih. Dulu sebagian besar orang tak mampu menginstal laptopnya sendiri, lantaran caranya yang tidak diketahui banyak orang. Belum lagi harus memiliki file windows tersendiri yang biasanya tersimpan di dalam DVD.

Yang tidak memiliki CD-ROM tentu kesulitan untuk menginstal laptopnya. Alhasil datang ke servis komputer selalu menjadi pilihan. Belakangan, instal ulang laptop sudah bisa dilakukan tanpa harus menggunakan DVD lho!

Bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah asal memiliki koneksi internet. Dan Anda pun tak harus datang ke reparasi komputer setiap saat. Namun, syaratnya satu, Anda sudah harus menggunakan windows versi terbaru, yakni windows 8 dan windows 10.

Mudahnya Cara Instal Ulang Windows 10 dari Rumah

Sejak diluncurkan Windows 8, Microsoft mulai menerapkan instal ulang secara online. Ketika perangkat Anda mulai mengalami masalah, Anda tidak perlu lagi datang ke jasa reparasi. Kini Anda bisa atasi langsung secara online.

Meskipun begitu, bila Anda sama sekali belum tahu caranya, tentu Anda akan mengalami kebingungan. Itulah mengapa Anda harus mempelajari cara instal ulang windows 10 sebelum benar-benar melakukan instal ulang secara langsung.

Bila Anda kurang paham, bisa jadi laptop Anda makin bermasalah. Lalu ujung-ujungnya Anda harus datang kembali ke ahli reparasi komputer. Kalau begini sama saja bohong! Anda tetap harus kerja dua kali.

Oleh karena itu, perlu memperdalam pengetahuan terlebih dahulu sebelum praktik. Sehingga Anda tidak mengalami kekeliruan yang membuat makin repot nanti. Fasilitas instal ulang tanpa DVD ini bisa berlaku untuk laptop dan komputer merek apapun. Maka cara yang akan disampaikan ini jelas bisa diterapkan untuk laptop maupun komputer Anda asalkan telah memiliki windows 10 di dalamnya.

Sebelum membahas mengenai cara instal ulang windows 10, Anda harus paham dua istilah ini, yaitu refresh dan reset. Kedua istilah ini erat hubungannya dengan instal ulang. Bila Anda salah mengartikan, bisa jadi tujuan Anda akan salah pula.

Pertama, apa itu refresh? Fitur refresh ialah fasilitas dari Microsoft yang biasa dilakukan untuk mengembalikan  windows ke dalam keadaan semula. Fitur ini tidak akan menghapus program modern dan file pribadi yang tersimpan. Sehingga Anda boleh tidak melakukan pencadangan, meskipun pencadangan tetap disarankan.

Kedua, reset merupakan fasilitas dari Microsoft yang dilakukan untuk mengembalikan windows dalam kondisi semula sekaligus memformat hard disk komputer Anda. Maka semua program desktop, program modern, pengaturan, hingga file pribadi akan dihapus dari laptop Anda.

Jadi Anda mau pilih yang mana? Bila Anda merasa masalah laptop tidak terlalu berat, Anda bisa memilih fitur refresh. Namun, bila masalah dirasa berat dan sangat mengganggu, alangkah lebih baik Anda me-reset komputer Anda segera, dengan catatan semua data telah dicadangkan.

Cara Instal Ulang Windows 10 via Desktop

Ada dua cara untuk menginstal ulang windows 10, yakni melalui desktop dan boot menu. Kita akan bahas satu per satu. Kapan harus menginstal ulang via desktop? Yakni ketika Anda merasa laptop mengalami masalah tetapi masih bisa berjalan baik.

Simak caranya di bawah ini:

1.      Buka Start Menu, lalu pilih Settings

2.      Pada jendela yang terbuka, pilih ‘Update & Security’

3.      Pilih opsi ‘Recovery’ pada kolom sebelah kanan

4.      Klik tombol ‘Get Started’ pada bagian Reset this PC

5.      Kemudian pilih ‘Keep my files’ bila Anda memilih refresh, atau pilih ‘Remove everything’ bila Anda ingin memilih reset.

6.      Lalu proses akan berlangsung, tunggu hingga selesai.

Biasanya laptop memiliki perangkat penyimpanan luar atau external hard disk. Ketika proses reset tengah berlangsung, biasanya muncul pertanyaan ‘Your PC has more than one drive. Do you want to remove all files from all drives?’ Yang artinya Anda sedang ditanyai apakah semua file di hard disk yang Anda miliki ingin dihapus?

Bila Anda hanya ingin menghapus data dimana windows 10 terpasang, maka Anda bisa memilih opsi ‘Only the drive where Windows is installed’. Dengan begitu, data pada hard disk eksternal tidak akan terhapus.

Cara Instal Ulang Windows 10 via Boot Menu

Selain melalui desktop, Anda bisa melakukan refresh dan reset melalui Boot Menu. Kapankah saat melakukan instal ulang melalui Boot Menu? Ketika laptop mengalami masalah berat hingga mengganggu aktivitas, maka pilihan Boot Menu bisa dilakukan.

Yang harus Anda lakukan yakni:

1.      Buka Start Menu, pilih Power

2.      Klik Restart sambil menekan tombol Shift

3.      Pilih Troubleshoot

4.      Klik ‘Refresh your PC’ untuk melakukan refresh, atau ‘Reset your PC’ untuk melakukan reset.

5.      Tunggu hingga proses selesai.

Sangat mudah sekali melakukan instal ulang windows 10. Ketika laptop atau komputer masih dalam keadaan menyala, tentu cara di atas sangat mudah untuk dilakukan. Lantas ketika komputer tengah eror sehingga tidak bisa melakukan cara seperti di atas, bagaimana yang harus dilakukan?

Anda tidak perlu khawatir, karena Windows 10 memiliki fitur ‘automatic restart after failure’. Artinya ketika ada masalah pada booting, maka windows 10 akan langsung masuk ke boot options. Sehingga proses refresh atau reset bisa langsung dilakukan.

Ternyata sangat mudah sekali melakukan instal ulang windows 10, tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa melakukan instal ulang sendiri bahkan dari rumah. Yang terpenting, koneksi internet tetap lancar manakala ketika proses penginstalan ulang perlu ada update pula.

Cara ini bisa Anda tempuh hanya untuk windows 8 dan windows 10. Bila milik Anda berada di bawah itu, Anda harus melakukan instal ulang dengan cara lama. Yakni menggunakan DVD ROM maupun flashdisk.

Anda sudah mengerti kan? Bila suatu saat laptop mengalami masalah, segera lakukan instal ulang secara mandiri menggunakan cara instal ulang windows 10 yang telah dibahas. Sehingga laptop tetap bisa dipakai dengan nyaman. Semoga cara diatas bermanfaat untuk Anda. Pastikan semua data telah dicadangkan sehingga bila terjadi masalah pada penginstalan, data tetap dapat diselamatkan.

Post a Comment for "Cara Instal Ulang Windows 10 dengan Mudah Tanpa DVD"