Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menambah Berat Badan Secara Alami dan Sehat

Berat badan memang menjadi salah satu yang mengkhawatirkan banyak orang. Terlalu gemuk salah. Terlalu kurus juga bukan hal yang baik. Untuk hal yang kedua, orang juga mencari tips menambah berat badan secara alami dan sehat.

Tips meningkatkan berat badan menjadi hal penting, karena biasanya orang kurus sulit sekali menjadi sedikit gemuk, meski mereka sudah banyak makan. Paling tidak, itu yang mereka rasakan.

Manfaat Menambah Berat Badan

Mungkin bagi Anda yang punya berat badan (BB) berlebih berpikir, untuk apa sih berat badan ditambah, banyak orang justru ingin kurus.

Tentu saja ada mamfaatnya jika BB lebih ideal itu sebabnya para ahli kesehatan menghitung Body Mass Index, agar tahu lebih jelas.

Manfaat menggunakan tips menambah berat badan, antara lain di bawah ini.

1.      Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sama dengan orang gemuk, Anda yang terlalu kurus juga kemungkinan besar kurang percaya diri. Beberapa pakaian akan tampak longgar jika dipakai.

Dengan menambah berat badan sedikit saja, pakaian akan lebih pas dikenakan. Selain itu, wajah akan kelihatan lebih segar. Akibatnya, Anda akan lebih yakin bila bertemu dengan orang lain dan berbicara di depan umum.

2.      Mencegah Depresi

Kepercayaan diri yang rendah, akan membuat depresi. Apalagi jika ditambah dengan sorotan mata orang lain yang memandang rendah, meski sebenarnya belum tentu.

Selain itu, berat badan yang bertambah dapat menjadi moodboster. Hasilnya, depresi yang mungkin terjadi akan lebih rendah.

3.      Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Saat berat badan Anda bertumbuh menjadi normal, maka hormone akan lebih seimbang. Di saat ini, tidur Anda di malam hari akan lebih nyenyak. Apalagi depresi dan kepercayaan diri juga meningkat. Otomatis beberapa hal yang merisaukan dan kerap menganggu tidur hilang.

4.      Meningkatkan Libido

Libido dibutuhkan bagi Anda yang sudah menikah. Ini membutuhkan energi saat melakukannya.

Kebanyakan orang yang kurus sudah lelah dengan kegiatan sehari-hari sehingga sudah lelah. Dengan meningkatnya BB, Anda akan lebih segar. Hormon seks, estrogen dan progesterone lebih seimbang. Akhirnya, libido akan meningkat. Pasangan akan lebih senang.

Penyebab Berat Badan Rendah pada Orang Dewasa

BB ideal memang menjadi impian banyak orang. Namun, tidak semua orang dapat meraihnya dengan mudah. Apalagi memang ada sebab tertentu yang sulit diputarbalikkan.

Mengetahui penyebab BB rendah pada orang dewasa penting untuk Anda yang kurus. Ini akan memudahkan akan menaikkannya.

Berikut penyebab BB rendah, sebagai berikut.

1.      Penyakit Tertentu

Ada dua jenis penyakit yang menyebabkan BB rendah. Pertama, penyakit yang degenerative seperti diabetes dan hipertiroid. Anda yang mengalami masalah ini, mungkin mempunyai nafsu makan tinggi, tetapi tetap kurus.

Sementara itu, penyakit infeksi seperti HIV dan TBC membuat nafsu makan turun. Akibatnya, Anda akan lebih kurus dari biasa.

2.      Masalah Penyerapan Makanan

Daya serap makanan orang pada dasarnya berbeda-beda. Orang yang gemuk biasanya mempunyai tubuh dengan daya serap lebih baik.

Namun, penyerapan kadang bermasalah ketika Anda berpenyakit Celiac, misalnya. Di sini seberapa pun yang Anda makan, BB tidak bertambah.

3.      Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan sebenarnya juga merupakan penyakit. Contoh gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan Anda kurus adalah Crotin dan colitis ulseratif.

4.      Gangguan Makan

Gangguan makan dikenal dengan sebutan anaroksia. Banyak orang yang mengalami gangguan ini, karena psikologis. Berawal dengan keinginan menjadi lebih kurus dengan memuntahkannya kembali.

5.      Gangguan Psikologis

Selain anaroksia akibat ingin kurus, ada pula orang yang mengalaminya karena depresi. Akibatnya, tubuh menolak makan. Ada pula yang mengalami kesedihan dan trauma luar biasa sehingga nafsu makan menurun.

6.      Malnutrisi Alias Kurang Gizi

Kurus tidak selalu berarti kurang makan. Ada orang yang makan dalam jumlah besar tetapi tidak bergizi. Itu artinya BB rendah karena malnutrisi.

Tips Menambah Berat Badan Mudah

Nah, setelah Anda mengetahui penyebab BB rendah di atas, mana yang dialami? Jika penyakit atau gangguan tubuh, maka sebelum mengikuti langkah dan tips menambah berat badan mudah Anda harus menyebuhkannya dulu secara medis. Begitu pula jika ada masalah gangguan makan dan psikologis.

Sambil mengatasi masalah kesehatan dan penyebab lain badan menjadi kurus, Anda dapat menerapkan tips menambah berat dan mudah, sehat, dan alami di bawah ini.

1.      Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Bagian pertama ini, penting agar BB bertambah dengan terkendali dan tidak menimbulkan masalah baru. Jumlah makanan yang besar tidak menjamin tubuh menjadi lebih berat.

Oleh karena itu, agar BB bertambah secara alami, Anda harus mengonsumsi makanan bergizi dan bervariasi. Selain itu, tambahkan pula asupan kalori dalam makanan.

Jadi, Anda tidak hanya mengonsumsi makanan standar. Tambahakan protein di roti dengan menaburinya banyak keju atau menumis sayur dengan mentega.

2.      Berusaha Sering Makan dalam Porsi Kecil

Bagi orang yang mempunyai daya serap rendah, makan sedikit saja akan merasa kenyang. Untuk menyiasatinya, cobalah untuk sering makan dalam porsi kecil.

Anda bisa menambah waktu makan di tengah waktu utama atau dengan mengomsumsi camilan sehat yang juga akan dibahas di sini.

3.      Minum yang Mengandung Kalori dan Nutrisi Tinggi

Telah dikatakan di atas, kalori dan nutrisi yang tinggi menyebabkan tubuh lebih sehat dan BB bertambah.

Kalori dan nutrisi yang tinggi tidak hanya diperoleh dari makanan. Anda juga dapat meraihnya minuman yang berkalori dan bernutrisi tinggi.

Contoh minuman ini, yaitu smoothies, susu, yoghurt, dan jus.

4.      Mengonzumzi Camilan Sehat

Camilan biasanya dikonsumsi sebagai selingan. Anda biasa mengonsumsi saat santai, istirahat sebentar, bahkan saat bekerja.

Namun, untuk meningkatkan BB sebaiknya Anda tidak makan gorengan. Konsumsilah camilan sehat, yang tidak banyak mengandung gula dan meningkatkan kolestrol. Sekarang ini, ada banyak pilihan snack sehat yang dijual.

5.      Minum Sesudah Makan

Pernah mencoba minum sebelum atau selagi makan? Itu adalah strategi marketing resto agar Anda memesan makan dan minum sekaligus di tempat mereka.

Sejatinya, minum selagi dan sebelum makan membuat tubuh merasa lebih kenyang. Apalagi untuk Anda yang mempunyai daya serap rendah terhadap makanan.

Meski demikian, minum penting. Minum menghilangkan dehidrasi yang menyebabkan konsentrasi menurun. Air juga menjadi pelarut beberapa jenis vitamin dan mineral. Tanpanya, zat gizi yang dimasukkan dalam tubuh bisa terbuang percuma.

Anda bisa minum setelah makan besar, agar jumlah makanan yang dikonsumsi tetap signifikan.

6.      Olahraga dengan Teratur

Olahraga membuat peredaran darah lebih lancer dan penyerapan makanan lebih lancer, karena sel darah merupakan alat transportasi dalam tubuh.

Olahraga juga membuat otot tubuh lebih berisi, menambah BB, dan terbentuk lebih sempurna. Anda harus berolahraga dengan teratur untuk mengimbangi konsumsi makanan dan aktivitas.

Bagaimana, Anda ingin mencoba lebih berisi dengan tips menambah berat badan di atas? Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau aahli kesehatan sebelumnya, ya! Agar lebih jelas terlebih dahulu penyebab dan alasan BB rendah.

 

 

Post a Comment for "Tips Menambah Berat Badan Secara Alami dan Sehat"