Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak Baik-Baik 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil!

Selama hamil, Anda dituntut untuk mengonsumsi makanan bergizi untuk memastikan kesehatan bayi. Untuk itulah, Anda tidak diperbolehkan makan sembarangan. Karena apapun yang Anda makan akan turut dikonsumsi oleh si janin. Daripada makan yang tidak jelas, lebih baik makan pepaya. Yuk simak manfaat buah pepaya untuk ibu hamil.

Buah pepaya memang kaya akan manfaat, terlebih bagi ibu hamil. Bila Anda pergi ke dokter atau bidan, buah satu ini pasti sangat direkomendasikan. Ibu hamil cenderung mengalami banyak keluhan, yang beberapa di antaranya dapat diatasi dengan konsumsi buah pepaya.

7 Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil

Penting untuk memastikan tubuh tetap sehat selama hamil. Bila tubuh ibu hamil sehat, janin di kandungan pasti ikut sehat. Meski terkadang ibu yang mengalami banyak keluhan tetap mampu memiliki janin sehat, tetapi tentu kenyamanan tubuh harus dipertaruhkan.

Itulah mengapa penting untuk memasukkan asupan makanan sehat demi menjaga kesehatan tubuh hamil. Karena beragam keluhan ibu hamil sungguh membuat tubuh tidak nyaman. Anda tentu tidak mau mengalami kehamilan yang tidak nyaman, sebab akan menimbulkan trauma tersendiri.

Lantas apa manfaat buah pepaya untuk ibu hamil? Simak di bawah ini:

1.      Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah pepaya sangat penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Sehingga Anda tetap sehat selama menjalani masa kehamilan.

Berbagai penyakit tidak akan menghampiri, meski hanya flu sekalipun. Bila tubuh tetap sehat, Anda bisa beraktivitas dengan nyaman dan tidak harus meringkuk di kasur seharian.

2.      Baik untuk Perkembangan Janin

Asupan yang dimakan ibu hamil akan berpengaruh terhadap perkembangan janin. Bila Anda rutin konsumsi buah pepaya, janin dipastikan akan tumbuh sehat. Kandungan asam folat dalam buah pepaya sangat bagus untuk menunjang perkembangan otak janin. Sehingga buah pepaya sangat penting untuk dikonsumsi setiap hari.

3.      Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat buah pepaya untuk ibu hamil adalah melancarkan pencernaan. Salah satu keluhan umum ibu hamil adalah sembelit. Dan gangguan ini bisa diatasi dengan rutin konsumsi pepaya.

Kandungan serat dalam buah pepaya sangat berkhasiat untuk mengatasi sembelit. Bila Anda mulai mengalami sembelit, segera stok buah pepaya matang di kulkas. Konsumsi setiap hari tanpa absen, perlahan keluhan sembelit itu pasti akan hilang.

4.      Mengatasi Morning Sickness

Keluhan paling lumrah saat hamil ialah morning sickness, alias mual dan muntah. Dan kondisi ini tidak serta merta terjadi saat pagi hari, bahkan bisa jadi dialami oleh ibu hamil sepanjang hari.

Tentu Anda tidak mau mengalami mual dan muntah sepanjang kehamilan kan? Itulah mengapa, Anda harus konsumsi buah pepaya, karena buah ini diklaim mampu mengatasi keluhan morning sickness.

5.      Mencegah Dehidrasi

Ibu hamil rentan mengalami dehidrasi. Selain banyak konsumsi air putih, ibu hamil bisa mengonsumsi buah pepaya yang kaya akan kandungan air. Dengan begitu, ibu hamil akan tetap merasa nyaman meski beraktivitas seperti biasa.

6.      Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas saat ini sungguh sulit untuk dicegah agar tak masuk ke dalam tubuh. Bila terlanjur sudah masuk ke dalam tubuh, tentu dibutuhkan penangkal. Salah satu penangkal radikal bebas paling ampuh adalah buah pepaya.

7.      Menstabilkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat buah pepaya untuk ibu hamil adalah mampu menstabilkan tekanan darah. Tekanan darah terlalu tinggi maupun rendah bagi ibu hamil akan menimbulkan kewaspadaan tersendiri. Dengan konsumsi buah pepaya, tekanan darah ibu hamil cenderung lebih stabil.

Itulah manfaat buah pepaya untuk ibu hamil. Tepat setelah testpack menunjukkan hasil positif, segera stok pepaya di rumah ya!

2 comments for "Simak Baik-Baik 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil!"

  1. Artikelnya bermanfaat gan, perlu untuk imunitas di masa covid seperti ini, kandungan vitamin C sangat bagus.tks.
    mampir juga ke blog ak gan: https://shareinfosehatku.blogspot.com

    ReplyDelete